Jumat 12 Jul 2013 03:54 WIB

Capture Your Story, Capture Your Skill

ROL to Campus di Universitas Nasional, Jakarta, Kamis (11/7).
ROL to Campus di Universitas Nasional, Jakarta, Kamis (11/7).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Edisi ke-26 ROL to Campus (RTC) kembali digelar, Kamis (11/7). Kali ini RTC kembali menyambangi Universitas Nasional (UNAS) Jakarta. Berbeda dengan kunjungannya pertama yang dihadiri mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE), kali ini sebanyak 100 peserta datang dari Fakultas Komunikasi (Fikom).

Bertajuk "Capture Your Story", para mahasiswa tidak hanya diajarkan jurnalistik online, tapi juga cara memotret dengan muatan jurnalistik. Bagaimana sebuah foto bisa menjadi penghubung antara tulisan dan gambar.

Pada dasarnya, menurut Amin Madani Redaktur Foto ROL, setiap orang bisa memotret. Tinggal bagaimana seseorang membuat fotonya menjadi foto yang 'bercerita'. "Biasanya foto jurnalistik itu selalu berkaitan dengan manusia. Interaksi sesama manusia atau manusia dengan alam," kata Amin.

"Saya memandang (kegiatan ini) bisa memberi nilai tambah bagi mahasiswa dikemudian hari," kata B. Tamam Achda, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang membuka RTC ke-26 UNAS Jakarta. Tamam menambahkan, ajang ini sekaligus menjadi tempatnya mereka berlatih dan mengasah kemampuan jurnalistik mereka.

Seperti biasanya, usai mendapatkan materi, setiap mahasiswa dituntut untuk menuangkan hasil pembelajaran dengan mengirimkan tulisan dan foto karyanya ke ROL. Setiap tulisan yang menarik akan mendapatkan hadiah langsung berupa Nokia Lumia 720, tiket nonton gratis laga Arsenal-Indonesia dan voucher makan Hanamasa.

Dan pelatihan jurnalistik online kali ini, RTC juga menggandeng Indosat sebagai pendukung acara. Salah satu komunitas Indosat, ISPRI juga ikut membagikan materi tentang street photography. Indosat bahkan menyiapkan hadiah bagi pemenang tulisan dan foto. "Karena mereka dari Fikom diharapkan mereka bisa lebih aware lebih kritis lagi terhadap tulisan dan foto," kata Budi Irianto, tim Promosi ROL.

Meski digelar bertepatan hari kedua bulan puasa, tak sama sekali menyurutkan antusiasme dari para peserta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement