Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

HNW: Indonesia Bisa Bersatu karena Pancasila

Senin 04 Dec 2017 02:15 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Foto: dok. MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut salah satu faktor yang bisa menjadikan bangsa ini bersatu adalah Pancasila. Inilah yang memperkuat Indonesia dari kehancuran.Hal ini disampaikan HNW saat melakukan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada para pelajar Jakarta, Ahad (3/11).

"Uni Soviet hancur bukan karena diserang dari luar tetapi karena ideologinya tak mampu menyanggang masalah yang ada," ujar HNW.

Bubarnya Uni Soviet tersebut karena Presiden Uni Soviet Mikhael Gorbachev mengeluarkan kebijakan Glasnot dan Perestroika. "Semacam kebijakan reformasi," katanya menambahkan.

HNW membandingkan dengan Indonesia, meski ada reformasi namun Indonesia tetap utuh. "Kita ada gerakan reformasi namun tidak pecah," ujarnya.

Kokohnya Indonesia meski ada reformasi atau gerakan perubahan, menurut Hidayat, karena Pancasila. Pancasila bisa mempersatukan bangsa karena ideologi ini merupakan kesepakatan bersama. "Diperjuangkan oleh ulama, tokoh Islam, dan komponen bangsa lainnya," ujarnya.

Dari sinilah ia mengajak kepada semua agar melaksanalan Empat Pilar agar bisa menghadirkan Indonesia yang unggul.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler