Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

OSO Puji Tradisi Orang Minang yang Suka Merantau

Ahad 30 Jul 2017 16:45 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang (OSO).

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang (OSO).

Foto: Dok Humas MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang (OSO), mengatakan bahwa hari ini merupakan hari kebangkitan orang-orang Minang.

Dia mengatakan itu lantaran pada hari ini diresmikan nama Rumah Gadang Minangkabau Jawa Timur. Rumah gadang sebagai tempat segala aktivitas orang Minang di Surabaya dan sekitarnya itu dibangun sejak 1987. Rumah gadang itu berdiri di atas lahan seluas 3.500 meter persegi. Berdiri atas semua partisipasi orang Minang di berbagai tempat. Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh OSO yang sekaligus sebagai Ketua Gebu Minang Pusat.

Sebagai masyarakat yang suka merantau, OSO memuji tradisi itu. "Orang Minang merantau ke seluruh tempat di Indonesia bahkan dunia namun tak pernah bikin masalah," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (30/7).

Menurut dia, orang Minang bisa menempatkan diri dan merupakan orang yang cerdas. Lebih lanjut dia mengatakan, dalam setiap tindakan orang Minang tak pernah melanggar hukum. "Ini bisa dilakukan karena orang Minang menggunakan hati nurani," kata OSO.

OSO melihat banyak kontribusi orang Minang dalam sejarah bangsa. "Orang Minang sejak dulu membangun bangsa," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oesman Sapta mengajak seluruh masyarakat sedikit bicara banyak kerja. "Jangan terlalu banyak ngomong, mari kita bekerja," kata dia.

Dia mengatakan saat ini pemerintah tengah giat melakukan pembangunan. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat berperilaku jujur mengakui pemimpin yang berbuat nyata.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler