Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Ketua MPR Tanda Tangani Patung Tertinggi di Asia Tenggara

Senin 17 Jul 2017 17:28 WIB

Rep: Santi Sophia/ Red: Qommarria Rostanti

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menandatangani prasasti monumen Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban Jawa Timur, Senin (17/7).

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menandatangani prasasti monumen Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen ke di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban Jawa Timur, Senin (17/7).

Foto: Republika/Santi Sopia

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menandatangani prasasti monumen atau patung Yang Mulia Kongco Kwan Sing Tee Koen di Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Jawa Timur (Jatim), Senin (17/7). Patung dengan tinggi 30,4 meter ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara.

"Yang diwariskan (Yang Mulia Kongco) yaitu sikap setia, kesetiaan dan kejujuran," kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli, kesetiaan dan kejujuran dalam membela negara patut diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa. Tiga syarat agar negara maju juga, menurut dia, adalah ilmu pengetahuan, kepercayaan rakyat kepada pemerintahnya dan adanya nilai-nilai luhur bangsa.

Zulkifli mengatakan perilaku tersebut sangat penting. Pasalnya apabila masyarakat Indonesia mengimplementasikan perilaku tersebut maka kehidupannya akan menjadi aman dan tenteram. "Kalau jujur, maka rakyat akan percaya pada pemerintahnya. Nilai-nilai, kita juga sudah punya Pancasila," ujar Zulkifli.

Komisaris Klenteng Kwan Sing Bio Alim Sugiantoro mengatakan monumen tersebut menjadi simbol kesetiaan dan kejujuran. Kongco Kwan Sing Tee Koen, kata dia, merupakan jenderal perang tiga negara yang dipercaya rakyatnya. Patung dibangun dalam waktu 1,5 tahun dengan biaya Rp 2,5 miliar yang berasal dari dana sumbangan.

"Masuk rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) tertinggi se-Asia Tenggara karena kalau dunia kalah dengan Cina 80 meter. Tadinya kita mau, tapi tempatnya nggak memungkinkan, harus di bukit, ini kan dekat pantai," kata Alim.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler