Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Ketua MPR Ajak Anak Muda Lebih Dekat dengan Pancasila​

Selasa 30 May 2017 17:50 WIB

Red: Gita Amanda

Ketua MPR Zulkifli hasan.

Ketua MPR Zulkifli hasan.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya anak-anak muda untuk mengenal Pancasila lebih dalam dan lebih dekat. Sebab menurutnya Pancasila merupakan warisan dari generasi ke generasi.

" Pancasila bukan hanya untuk orang tua, tapi juga untuk generasi muda," ujar Zulkifli dalam Orasi Kebangsaan pelantikan DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas) periode 2017–2020 di Gedung Nusantara V, Selasa (30/5), melalui siaran persnya.

Menurut Zulkifli, pemahaman Pancasila di kalangan anak muda penting agar menjadi perilaku sehari-hari. Zulkifli mengatakan saat ini jarang anak muda memahami nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan. Padahal dengan memahaminya anak muda dapat terhindar dari hoax, politik kebencian, sikap memecah belah.

"Juga menyadari bahwa kita adalah keluarga besar," katanya.

Zulkifli menyebutkan ada tiga kunci agar sebuah negara bisa maju. Pertama, negara itu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, mesti ada kepercayaan, yaitu berjuang untuk kepentingan bersama. Ketiga, mempunyai nilai-nilai. 

“Pancasila adalah alat pemersatu bangsa bukan pemecah-belah. Pancasila harus dijadikan perilaku sehari-hari, agar menjadi bangsa yang besar, maju dan sejahtera,” ujar Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler