Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Empat Pilar MPR Dinilai Mampu Mencegah Perpecahan

Ahad 04 Dec 2016 14:06 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Sosialisasi empat pilar MPR dengan metode wayang di Kendal.

Sosialisasi empat pilar MPR dengan metode wayang di Kendal.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL -- Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar Sosialisasi Empat Pilar melalui pagelaran seni budaya wayang kulit, di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (3/12) malam. Anggota MPR Fraksi Nasdem Fadholimengatakan, Empat Pilar MPR yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, terbukti mampu mempertahankan Indonesia dari perpecahan. 

Menurutnya, kemampuan Empat Pilar mempertahankan persatuan Indonesia, salah satunya bisa dibuktikan saat terjadi dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama. Dalam kasus itu, umat Islam menuntut penegakan hukum, bukan mempersoalkan kebhinnekaan.

Karena, kata dia, keberagaman Indonesia sudah ada sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka. ''Karena itu, kita harus terus berpegangan pada Empat pilar. Empat pilar juga harus terus disosialisasikan, agar bisa dikenal dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,'' ucap Fadholi.

Pagelaran wayang kulit itu menampilkan dalang KI Harsono Baruklinting, dengan lakon Pandowo Sukur. Pandowo Sukur menceritakan, bagaimana bangsa yang selalu bersyukur akan mendapat nikmat yang semakin banyak. Sedangkan mereka yang tidak mau bersyukur akan mendapat siksa yang teramat pedih. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler