Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Zulkifli Hasan Apresiasi Gerakan Dakwah Dai ke Pelosok

Selasa 27 Sep 2016 12:44 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) bersama pimpinan LDK PP Muhammadiyah.

Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) bersama pimpinan LDK PP Muhammadiyah.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengapresiasi gerakan dakwah dai ke pelosok di daerah. Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan delegasi Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah. LDK PP Muhammadiyah akan menggelar Rakornas dan Halaqah Dai Nasional 2016, di PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, pada 14-16 Oktober 2016.

Zulkifli menilai program program pengiriman da’i ke berbagai pelosok daerah dan terpencil tersebut sangat penting. "Hal tersebut akan menambah wawasan para da’i dan akan menambah khasanah pengetahuan mereka tentang kebhinekaan Indonesia, dengan berbaur dengan rakyat lokal serta sangat bermanfaat buat masyarakat daerah yang dikunjungi dai,” ujarnya, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/9).

Zulkifli menilai, cara itu memang sesuai dengan cara Rasulullah SAW melakukan dakwah. Beliau mengedukasi para pendakwah dengan ilmu penegtahuan dan ilmu dakwah Islam, dan kemudian mengirim mereka ke berbagai daerah dan berbaur dengan masyarakat lokal.

“Ulama besar Buya Hamka juga begitu cara berdakwahnya. Beliau mendidik muridnya dengan ilmu setelah dirasa mumpuni maka beliau akan mengirim para muridnya ke berbagai daerah dan berbaur,” ucap Zulkifli.

Ketua LDK PP Muhammadiyah Ziyad mengatakan rakornas akan mengusung tema ‘Peran Strategis Dai Dalam Merawat Bhinneka Tunggal Ika’. Acara tersebut juga akan menggelar seremoni pelepasan dai-dai yang sudah dididik untuk dikirim dan berdakwah di berbagai pelosok daerah.

“Karena temanya sangat cocok dengan program MPR RI yakni soal Empat Pilar yang sedang giat digencarkan MPR RI, maka kami mengundang Ketua MPR untuk hadir memberikan keynote speech dalam momen acara tersebut,” kata Ziyad.

Menurut Ziyad, selain mendidik para dai secara nasional, LDK juga memberdayakan dai-dai lokal yang dibekali ilmu pengetahuan dan soal dakwah, untuk berdakwah di daerahnya sendiri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler