Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Ketua MPR: Kepala Desa Harus Jadi Tombak Pembangunan

Kamis 11 Aug 2016 13:15 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Ketua MPR Zulkifli Hasa menyebut kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan daerah dan nasional. Sebagai presiden desa, kata dia, kepala desa juga berperan sebagai agen perubahan, untuk mewujudkan rakyat yang sejahtera dengan melakukan pendidikan politik kepada rakyat. 

"Sebagai kepala desa, ujung tombak pembangunan, kalau desanya kuat dan makmur maka negara menjadi hebat. Kalau Anda sungguh bisa membuat desa jadi makmur maka negara akan menjadi hebat dan kuat," kata Zulkifli, dalam Munas III yang digelar oleh DPP Asosiasi Pemerintah desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Lampung, Kamis (11/8).

Oleh karena itu, Zulkifli mengimbau kepala desa, agar jangan lagi demokrasi Pancasila ditukar dengan harga yang murah. Sebab, apabila rakyat 'disogok' seperti itu, maka secara tidak langsung akan menimbulkan kesenjangan sosial semakin tinggi. 

Bicara kesenjangan, salah satu contoh yang diberikan Zulkifli adalah petani di daerah yang tidak memiliki lahan sendiri. Jika kondisi seperti itu tidak menjadi perhatian serius kepala desa dan pemerintah, dapat membuat tingkat harapan dan semangat hidup seseorang bisa menurun. 

"Akibatnya, mereka bisa berbuat nekat," ucap dia. 

Munas APDESI itu dihadiri oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Wagub Lampung Bachtiar Basri, Ketua Umum DPP Apdesi Suhardi, perwakilan Dirjen Kemendagri serta ribuan kepala desa. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler