Tuesday, 13 Zulqaidah 1445 / 21 May 2024

Tuesday, 13 Zulqaidah 1445 / 21 May 2024

'Ucapan tidak Boleh Melahirkan Kebencian'

Jumat 13 May 2016 17:31 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan kembali mengingatkan siapa pun kita perilakunya harus berlandaskan Pancasila, memancarkan sinar Ilahi. Hal itu disampaikan ketika berbicara di forum Dialog Kebangsaan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kalau perilaku memancarkan sinar ilahi, menurut Zulkifli, maka semua orang akan memperlakukan manusia dengan adil dan beradab. "Ucapan kita harus melahirkan persatuan, bukan kebencian atau kemarahan," ujar Zulkifli di depan hampir seribu warga Sidoarjo, yang juga dihadiri Bupati Sidoarjo Saifulillah dan sejumlah anggota MPR dari dapil Jawa Timur.

Caranya yakni melalui musyawarah mufakat. Tujunnya adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Zulkifli mencontohkan, kalau sudah memilih bupati maka bupati itu harus disumpah. Kemudian, bupati harus taat pada sumpah dan peraturan perundang-undangan berlaku. Sesudah disumpah, bupati ini bukan lagi bupati milik satu golongan. Melainkan bupati untuk seluruh rakyat. Sebab, pada dasarnya, menurut UUD NRI Tahun 1945, yang berdaulat adalah rakyat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler