Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Indonesia Perlu Jaga Hubungan dengan Negara-Negara Eropa

Senin 09 May 2016 22:23 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Karta Raharja Ucu

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan, peringatan Europe Day menjadi bukti Indonesia mampu menghadirkan amanat UUD 1945, dengan menghadirkan dunia yang damai, saling menghargai, dan saling bekerja sama. Sehingga Indonesia bisa berkontribusi dalam pembangunan.

Perayaan Europe Day, menurut Hidayat, bisa menjadi forum loby yang efektif. Terutama bagi kementerian terkait, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Perindustrian.

"Kita harus tetap menjaga hubungan dengan negara-negara Eropa sekalipun hubungan Indonesia Cina meningkat tajam. Ini akan berfungsi sebagai balancing bagi politik luar negeri,'' kata Hidayat, saat menghadiri perayaan Europe Day 2016, di Hotel Darmawangsa Jakarta, Senin (9/5) malam.

Ikut hadir dalam acara tersebut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husein, serta para duta besar serta perwakilan negara-negara Eropa yang ada di Indonesia.

Politikus PKS ini berkata, Indonesia memang perlu selalu menjaga keseimbangan hubungan luar negerinya, dan bukan hanya berorientasi ke Cina semata. Meskipun, negara-negara Eropa sendiri bukan tanpa masalah.

''Tetapi Eropa negara-negara Eropa tetaplah komunitasa negara maju dan berpengaruh bagi keberlanjutan bumi,'' ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler