Sunday, 26 Syawwal 1445 / 05 May 2024

Sunday, 26 Syawwal 1445 / 05 May 2024

'Semua Masalah Bangsa Bisa Kelar dengan Pancasila'

Kamis 05 May 2016 03:10 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan dialog kebangsaan di Serang.

Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan dialog kebangsaan di Serang.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Ketua MPR Ri Zulkifli Hasan, Rabu ( 4/5 ) menggelar Dialog Kebangsaan bersama Kepala Desa se-Kabupaten Serang, Banten. Dialog Kebangsaan yang digelar di Desa Sindangheula, Pabuaran, ini digelar dalam rangka Safari Kebangsaan Marajut Kebhinnekaan bersama Ketua MPR RI.

Ketua MPR menjelaskan soal Empat Pilar MPR RI yang disebut juga empat konsesus dasar. Pancasila, lanjut Zulkifli, bukan hanya sekedar hafal tapi dimengerti dan diimplementasikan sehari-hari.

Dulu, Bung Karno mengatakan dengan tegas bahwa Indonesia tidak ikut barat tidak ikut timur tapi Indonesia memiliki Pancasila dan semua mengaguminya. Pancasila, lanjut Zulkifli, mengutip Bung Karno Pancasila adalah cinta kasih dan kekeluargaan serta gotong royong. Rakyat Indonesia adalah keluarga besar, keluarga besar NKRI. Jika ada satu yang sakit semua merasa sakit.

"Pertanyannya apakah masih ada semua rasa itu sekarang. Kalau sampai hilang maka kita akan kehilangan identitas ke Indonesiaan. Maka akan terjadi ketimpangan sosial yang sangat tinggi. Itulah pentingnya Pancasila harus dipahami dan dimengerti serta diimplementasikan. Memang susah melaksanakan tapi harus segera dimulai," katanya.

Semua masalah bangsa, lanjut Zulkifli, sebenarnya bisa diselesaikan dengan Pancasila. Kembalikan semua ke Pancasila, sebab sangat lengkap di sana. Itulah yang harus dipahami dan dimengerti semua anak bangsa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler