Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Mahasiswa Diminta Jangan Santai Hadapi Pasar Bebas

Rabu 13 Apr 2016 17:19 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM  -- Ketua MPR Zulkifli Hasan, berpesan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram, untuk merebut ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi menghadapi persaingan bebas. Sebab, menghadapi persaingan bebas, tidak bisa hanya mengeluh atau meratap.

"Tapi kita harus merebut (ekonomi dan teknologi). Kita harus berubah. Tidak bisa lagi santai-santai. Kita harus bekerja keras," kata Zulkifli, saat menyampaikan kuliah umum bertema 'Wawasan Nusantara' kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiiyah Mataram, di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (13/4).

Menurut Zulkifli, sekarang persaingan sudah begitu terbuka. Bukan hanya level Asean, tetapi seluruh dunia sudah menyatu. "Sekarang ini jamannya persaingan. Zamannya kompetisi," katanya.

Ia mengatakan, persaingan bebas itu hanya menguntungkan segelintir elit. Karena itu, diperlukan norma-norma. Tanpa norma, jurang antara mereka yang kaya dan miskin akan semakin lebar.

Zulkifli juga meminta mahasiswa untuk sungguh-sungguh merebut ekonomi dan teknologi. "Selama ini kita kurang sungguh-sungguh merebut dan menguasai ekonomi dan teknologi. Sekarang kita harus sungguh-sungguh," ujar dia.

 

baca juga: 'Negara tidak Boleh Kalah Melawan Narkoba'

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler