Saturday, 10 Zulqaidah 1445 / 18 May 2024

Saturday, 10 Zulqaidah 1445 / 18 May 2024

Zulkifli Hasan: Mari Kita Teruskan Perjuangan Ki Bagus Hadikusumo

Rabu 11 Nov 2015 15:32 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan, bersyukur negara telah melengkapi penghargaan gelar pada Ki Bagus Hadikusumo sebagai pahlawan nasional.

Ia mengatakan, BPUPKI telah berhasil merumuskan dasar negara Pancasila dengan perdebatan yang panjang dari Pancasila 1 Juni, hingga 22 Juni lahir konsensus bangsa seperti Pancasila hingga saat ini.

"Banyak belajar mengenai lahirnya konsensus dasar negara di mana peran Ki Bagus Hadikusumo sangat besar," kata Zulkifli, dalam Tasyakur Anugerah Pahlawan Nasional Ki Bagus Hadikusumo, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Selasa (10/11) malam.

Kepada peserta tasyakur, Zulkifli menyampaikan, MPR setelah melakukan amandemen keempat kalinya akan melakukan simposium terutama mengenai Sila IV dan V yang mulai ditinggalkan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli menyatakan dirinya sebagai kader Muhammadiyah berharap, Muhammadiyah melahirkan pemikiran besar dalam soal tata negara seperti yang pernah dilakukan oleh Ki Bagus Hadikusumo yang merupakan kader Muhammadiyah.

"Marilah kita teruskan perjuangan Ki Bagus Hadikusumo," ujar Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler