Monday, 27 Syawwal 1445 / 06 May 2024

Monday, 27 Syawwal 1445 / 06 May 2024

Zulkifli Hasan: Tidak Ada Negara Seperti Indonesia

Ahad 01 Nov 2015 16:01 WIB

Red: Didi Purwadi

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR, Zulkifli Hasan, menuturkan Allah SWT telah memberi anugerah yang luar biasa dengan memberikan luas wilayah Indonesia. Penduduknya pun melimpah dengan beragam suku bahasa dan agama. Sementara, kekayaan alamnya sangat luar biasa.

''Tak ada negeri seperti Indonesia,'' kata Zulkifli saat melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR di hadapan ribuan warga Muhammadiyah daerah Lampung Tengah, Lampung, Ahad (1/11).

Rakyat Indonesia, kata Zulkifli, pun patut bersyukur sebab pemimpin dahulu memiliki jiwa besar dalam masalah tata negara. Para pemuda zaman dahulu memilih bahasa melayu sebagai bahasa Indonesia, padahal bahasa melayu minoritas.

''Betapa hebatnya jiwa pemuda dulu,'' katanya. ''Jadi, bila ada tawuran pemuda saat ini, berarti ketinggalan zaman.''

Setelah 17 tahun Sumpah Pemuda, Indonesia merdeka. Dalam kemerdekaan, Indonesia memiliki Pancasila. "Tak banyak negara seperti ini," kata Zulkifli.

Indonesia seperti ini, menurut Zulkifli, karena pemimpin dahulu memiliki visi yang jauh ke depan. Indonesia memiliki 4 konsensus 4 pilar yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Indonesia sudah memilih secara bulat NKRI sehingga siapapun kita adalah Indonesia. Oleh karena itu, tak boleh lagi ada pertengkaran yang menimbulkan perpecahan. "Kalau ada masalah, lakukan musyawarah dengan etika,'' katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler