Wednesday, 7 Zulqaidah 1445 / 15 May 2024

Wednesday, 7 Zulqaidah 1445 / 15 May 2024

Kunjungi Pabrik Maspion, Zulkifli: Produk Nasional Sekelas Jerman

Senin 24 Aug 2015 20:19 WIB

Rep: Eko Supriyadi/Agus Raharjo/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat mengunjungi pelaku usaha di Jawa Timur, Senin (24/8).

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat mengunjungi pelaku usaha di Jawa Timur, Senin (24/8).

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengunjungi pabrik Maspion di Sidoarjo, Jawa Timur. Zulkifli Hasan mengaku kagum dengan perkembangan yang terjadi di pabrik manufaktur nasional ini. Menurutnya apa yang sudah dihasilkan oleh Maspion sudah sekelas dengan produk rumah tanggal buatan Jerman.

“Ternyata produk kita sekelas dengan produksi Jerman,” kata Zulkifli di Sidoarjo, Senin (24/8).

Zulkifli menambahkan, seharusnya pemerintah memberikan apresiasi atas kesuksesan ini. Yaitu dengan mengeluarkan kebijakan yang mendukung produksi dalam negeri. Meskipun hanya produk-produk rumah tangga, namun pembuatannya sudah menggunakan teknologi yang maju. Hasilnya, produk-produk manufaktur nasional mampu bersaing dengan produk dari luar negeri.

Zulkifli optimistis produk -produk hasil olahan bangsa Indonesia dinilai mampu bersaing di internasional. Zulkifli meminta, pemerintah  harus mendukung pelaku-pelaku industri di Indonesia. Para pelaku industri seharusnya diberikan kemudahan terutama soal perizinan-perizinan.

Pemilik Maspion Group, Alim Markus mengatakan Maspion sendiri saat ini tengah melakukan ekspansi di beberapa wilayah di Jawa Timur. Menurutnya, hal itu untuk menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja. Sebagai pelaku industri, kata dia, pihaknya tidak menginginkan fasilitas berlebih dari pemerintah. permintaannya hanya agar persoalan dweeling time di pelabuhan Tanjung Priok segera diselesaikan. Saat ini, produk-produk Maspion sebagian besar sudah diekspor ke mancanegara. Prosentase ekspornya 55 persen, sedangkan untuk domestik sebesar 45 persen.

“Sebagian bahan baku import langsung, jangan dikenakan jalur merah di Tanjung Priok, bila perlu silakan ikut dalam bongkar muat disini,” kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler