Selasa 09 Jul 2013 09:16 WIB

Sudahkah Anda Periksa Payudara Sendiri?

Kanker Payudara/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Kanker Payudara/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Selama ini Anda sudah biasa melakukan Sadari? Jika ya, teruskanlah. Tapi jika belum, segeralah untuk mulai melakukannya. Sebab, ini sangat penting buat Anda. Caranya gampang. Tips berikut ini mungkin bisa dijadikan pedoman. 

Ketika memeriksa payudara dan ketiak menggunakan tangan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Yang pasti, kehati-hatian yang ekstra sangat dibutuhkan ketika memeriksa bagian puting. Setiap wanita yang sudah mengalami operasi payudara, tetap harus memeriksa seluruh area payudara, termasuk bekas operasi. 

 

* Strip vertikal 

Mulai dari ketiak, lalu turun ke bawah. Gerakkan jari hingga menuju ke bagian tengah. Lanjutkan pemeriksaan ke bagian atas, hingga mencapai tulang selangka. Ulangi hingga seluruh bagian payudara diperiksa. Sebaiknya buat enam strip sebelum puting dan empat strip setelahnya. Cara ini menghasilkan 10-16 strip. 

 

* Dari puting ke tepi

Bayangkan, payudara dibagi-bagi seperti jeruji roda dan payudara adalah bagian tengahnya. Periksa setiap bagian, bergerak dari bagian luar menuju puting. Kembalikan jari ke bagian bawah dan ulangi cara yang sama hingga seluruh payudara terperiksa. Cara ini menghasilkan 10-17 segmen. 

 

* Lingkaran 

Bayangkan payudara sebagai jam. Mulai dari jam 12 dan periksa sepanjang lingkaran hingga kembali ke titik awal. Lalu ulangi gerakan yang sama dalam lingkaran yang lebih kecil. Terus demikian hingga mencapai puting. Cara ini menghasilkan 8-10 lingkaran. 

 

* Memeriksa puting 

Pijat puting dengan lembut untuk mengetahui apakah ada cairan tidak lazim yang keluar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement