Senin 08 Jul 2013 15:04 WIB

Mau Sehat? Lirik Ini Dulu

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Yogurt memiliki kandungan yang setara dengan susu.
Yogurt memiliki kandungan yang setara dengan susu.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada sejumlah makanan, rempah, dan minuman yang secara alami dapat memperkuat imunitas. Yoghurt termasuk salah satu yang direkomendasikan. Di dalam saluran cerna pun terdapat bakteri yang dapat merangsang tumbuhnya sel darah putih, pasukan tempur untuk melawan kuman penyakit. “Mengonsumsi yoghurt 200 ml per hari bisa membantu menjaga populasi bakteri baik di dalam usus,” papar Tri Mutiara, ahli nutrisi dari Slim Gourmet.

Bawang putih pun tak kalah berkhasiat. Kendati tak disukai lantaran baunya yang menyengat, bawang putih mentah baik untuk kesehatan. “Untuk mendapatkan khasiat antibakterinya, boleh juga dipanggang hingga agak lunak,” saran nutritionis yang akrab disapa Tara tersebut.

Lantas, aneka jenis jamur juga kaya dengan polisakarida yang dapat merangsang pertumbuhan sel darah putih. Beragam jamur yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia termasuk di dalamnya.

Madu, jahe, ikan yang mengandung omega 3, gandum yang terkenal dengan seratnya, buah-buahan yang kaya vitamin C, kacang-kacangan, serta teh hitam dan teh hijau tanpa gula pun bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh. “Jangan lupa untuk menjaga berat badan karena obesitas merupakan pintu gerbang terhadap penyakit,” imbuh Tara dalam talk show di pembukaan House of Ristra, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Sejalan dengan itu, Tara juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi makanan yang digoreng. Kandungan lemak jenuh dan lemak trans dalam jangka panjang bisa menyumbat pembuluh darah. Batasi juga konsumsi garam. Konsumsi garam berlebih dapat membuat air tertahan di dalam tubuh dan mengganggu sistem imunitas. “Jurus lainnya, makan sedikit tapi sering, jangan lupa sarapan, minum air, bergerak aktiflah sekaligus untuk melepaskan stres dan memperlancar metabolisme,” urainya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement