Sabtu 06 Jul 2013 23:25 WIB

Cegah Karies Gigi dengan Cara Ini

Sikat gigi
Foto: mirror.co.uk
Sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karies gigi dapat dicegah dengan merawat dan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Drg Zaura Anggraini, menjelaskan pada malam hari, aktivitas mulut berkurang dan secara otomatis air liur juga berkurang. Hal ini mengakibatkan jumlah bakteri di dalam mulut meningkat dua kali lipat.

"Sisa makanan lalu akan difermentasi oleh bakteri menjadi asam. Nah, asam inilah yang berbahaya karena melarutkan mineral gigi sehingga mengakibatkan karies," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (5/7).

Selain itu masyarakat juga sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi secara berkala atau setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. "Sayangnya, menurut Riset Kesehatan Dasar 2007, hanya 13,3 persen masyarakat Indonesia yang rutin memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. Ini sangat memprihatinkan," keluh Zaura.

Zaura mengemukakan masyarakat seharusnya sadar akan pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi. Sebab, menurutnya gigi merupakan salah satu organ penting yang dapat memengaruhi kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement