Selasa 02 Jul 2013 16:58 WIB

Kisah di Balik Sendok, Garpu, dan Pisau

Sendok, garpu, pisau
Foto: sodahead.com
Sendok, garpu, pisau

REPUBLIKA.CO.ID, Sendok, garpu, pisau. Bisa jadi tidak ada dapur yang tidak memiliki tiga perangkat ini. Kini, alat-alat makan tersebut hadir dalam beragam wujud, warna, dan bahan. Memiliki seperangkat alat makan yang gaya dan cantik, bahkan menjadi semacam kewajiban bagi mereka yang gemar menjamu. 

 

Sendok

Sesungguhnya, tidak ada yang tahu secara pasti mana yang muncul terlebih dahulu. Apakah sendok atau pisau. Banyak pendapat yang mengatakan, sendok muncul lebih dulu dalam peradaban manusia. Namun, pendapat itu mudah dipatahkan karena sejarah menemukan sendok kuno dari kayu. Sementara banyak pisau ditemukan terbuat dari tulang atau batu. Pada pertengahan 1500, sendok yang terbuat dari perak menjadi lambang kekayaan manusia. 

 

Garpu

Sejarah mencatat, garpu pertama kali muncul pada 1500 di negara Italia. Mulanya, garpu cuma memiliki dua gerigi. Garpu dengan tiga gerigi konon baru mulai ada 50 tahun sejak kemunculan garpu dengan dua gerigi. 

Penduduk Italia merupakan pengguna garpu. Tapi, di belahan Eropa lainnya, penggunaan garpu dipandang sebelah mata. Bahkan, dilihat sebagai perbuatan tak terpuji. Alasannya, garpu bergerigi dua mirip dengan tongkat setan. 

 

Pisau

Pisau sejak lama berfungsi sebagai senjata, peralatan, dan alat makan. Tapi, baru beberapa abad terakhir pisau didesain untuk diletakkan di atas meja makan.  Pada abad pertengahan di Eropa, tak lazim bagi pemilik rumah untuk menyediakan alat potong ini saat tamu datang untuk makan. Kebanyakan orang pun membawa sendiri pisaunya. Pisaunya unik, di satu sisi memiliki ujung tajam untuk memotong makanan. Sisi lainnya, tumpul untuk mengangkat makanan ke mulut. Pada awal ke-18 pisau meja makan mulai diimpor ke Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement