Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Demonstrasi di Brasil Ancam Pertandingan Sepak Bola

Jumat 28 Jun 2013 08:55 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu

Demonstrasi di Brasil.

Demonstrasi di Brasil.

Foto: theatlantic.com

REPUBLIKA.CO.ID, FORTALEZA -- Polisi di Brasil bentrok dengan demonstran jelang laga semifinal antara Spanyol versus Italia di Piala Konfederasi 2013 yang digelar di kota utara-timur Fortaleza, Jumat (28/6) dini hari WIB.

Sekitar lima ribu orang berbaris menuju Estadio Castelao beberapa jam sebelum pertandingan yang dimenangkan Spanyol lewat adu penalti.

Polisi menembakkan gas air mata ke sekelompok pemuda. Ini merupakan insiden terbaru dalam serangkaian protes terhadap korupsi. Hampir 90 orang ditangkap karena kerusuhan di luar stadion di Fortaleza. Sejumlah demonstran dan polisi terluka.

Gelombang protes dimulai hampir sebulan lalu di Kota Sao Paulo setelah tarif bus meningkat sebesar sepuluh persen. Protes di Sao Paulo dan kota-kota Brasil lainnya ikut protes. Demonstrasi menjadi gerakan nasional untuk pendidikan, layanan kesehatan, dan transportasi yang lebih baik.

"Kami melakukan hal baik selama beberapa tahun terakhir di sistem pendidikan, tapi rakyat ingin lebih," ujar Walikota Rio de Janeiro, Eduardo Paes dikutip BBC.

Menurutnya, demonstrasi akan mengancam Brasil kehilangan kesempatan besar dengan Piala Dunia. "Kami harus menggunakan kesempatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik," ujar Paes.

Dia mengatakan demonstrasi tidak mengenai ekonomi, yang dalam dua tahun terakhir melambat. "Kami hampir tidak memiliki pengangguran. Demonstrasi lebih terkait dengan kualitas layanan di Brasil," imbuhnya menandaskan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA