Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Pulau Bali Jadi Inspirasi Karya Siswa SD di Swiss

Rabu 19 Jun 2013 07:30 WIB

Red: Dewi Mardiani

Wisatawan mancanegara bermain bersama anaknya di pantai Seminyak, Bali, Kamis (28/2).

Wisatawan mancanegara bermain bersama anaknya di pantai Seminyak, Bali, Kamis (28/2).

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebanyak 68 siswa Sekolah Dasar Bulach di Kanton Zurich, Swiss, dengan bimbingan guru seni, Ruth Baumgartner, menjadikan Pulau Bali sebagai inspirasi untuk berimajinasi mengenai negara asing.

Ruth Baumgartner menyatakan bahwa ia mengajak para siswa itu berinteraktif dan berkreasi dalam kegiatan bertemakan Pulau Bali dengan menggambarkan dan melukiskannya di sebuah bendera. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan dan imajinasi anak-anak mengenai negara asing, demikian Pensosbud KBRI Bern, Mohammad Budiman Wiriakusumah, kepada Antara London, Rabu (19/6).

Sebelum melukiskan imajinasi mengenai Bali, siswa yang berusia 9 sampai 13 tahun mendapat informasi mengenai Pulau Dewata itu dari buku tentang Bali, brosur pariwisata Indonesia dalam Bahasa Jerman, video dan gambar-gambar mengenai Bali.

Pantai yang indah, warna-warna yang cerah, surfing adalah imajinasi yang melekat dalam diri murid-murid. Pengenalan Bali kepada para murid juga disampaikan oleh KBRI Bern, yang menurut juru bicaranya, Mohammad Budiman Wiriakusumah, telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Murid-murid yang terdiri dari 29 murid laki-laki dan 39 murid perempuan tersebut bekerja berdasarkan kelompok yang masing-masing berjumlah delapan orang yang bekerja berdasarkan hari dan jam tertentu. Hasil dari kreasi para murid pun dipamerkan ke seluruh siswa dan orang tuanya di sana.

Pada kesempatan tersebut juga diperdengarkan musik khas Bali, serta kenang-kenangan kepada murid-murid yang berpartisipasi dalam proyek tersebut, berupa kipas Bali untuk anak perempuan dan udeng khas Bali untuk anak laki-laki.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA