Jumat 14 Jun 2013 13:45 WIB

UNSRI Tetapkan 413 Mahasiswa Penerima Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi
Beasiswa Bidik Misi

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Universitas Sriwijaya menetapkan sebanyak 413 orang calon mahasiswa meraih beasiswa Bidik Misi 2013 setelah dinyatakan lulus dalam proses visitasi atau kunjungan langsung tim verifikasi, 5-12 Juni.

Pembantu Rektor I Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang Anis Saggaf, Jumat, mengatakan sebenarnya total yang dinyatakan lulus meraih beasiswa Bidik Misi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyaknya 430 orang.

"Namun setelah dilakukan kunjungan langsung ternyata terdapat 18 orang yang dianggap tidak layak menerima beasiswa khusus bagi mahasiswa dari keluarga miskin itu," katanya.

Ia mengemukakan, ke-18 calon mahasiswa yang dieliminasi itu sebagian besar karena ada ketidaksesuaian mengenai data kemampuan secara ekonomi.

"Tim verifikasi melakukan kunjungan langsung ke rumah calon mahasiswa, jadi terlihat jelas kelayakannya. Pemerintah memang mengharuskan pihak universitas yang mendatangi agar mengetahui memang tidak mampu secara ekonomi, berbeda dengan lulusan dari jalur SNMPTN non-Bidik Misi," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah memberlakukan prosedur ketat untuk menentukan lulusan SMA yang layak menerima beasiswa Bidik Misi.

Hal itu dibuktikan dengan mengharuskan setiap perguruan tinggi membentuk tim yang terdiri atas pembantu rektor dan dekan untuk mengunjungi calon penerima beasiswa tersebut.

"Setiap anggota tim diharuskan memvisitasi sekitar 5-10 orang, tergantung tingkat kesulitan lokasi. Kunjungan dilakukan seperti ke Riau, Aceh, Sumatera Utara, Lampung, dan beberapa kota di Jawa.

"Sedangkan untuk provinsi di kawasan Indonesia bagian timur dan Sulawesi dilakukan kerja sama dengan perguruan tinggi setempat," ujarnya.

Terkait nasib ke-18 orang calon mahasiswa yang dieliminasi itu, kata dia, harus menanggung akibat ketidakjujurannya itu mengingat pintu untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah tertutup.

"Itulah risiko yang harus ditanggung akibat bertindak tidak jujur karena pada dasarnya persyaratan untuk meraih beasiswa Bidik Misi sangat jelas yakni mereka yang kehidupan ekonominya berada dalam garis kemiskinan. Ini juga menjadi pelajaran bagi lulusan SMA tahun berikutnya," katanya.

Sebanyak 20.487 siswa SMA mendaftar pada penerimaan beasiswa Bidik Misi jalur SNMPTN pada penerimaan mahasiswa baru Unsri pada 2013.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement