Kamis 13 Jun 2013 14:49 WIB

Fakultas Kedokteran UMP Kebanjiran Peminat

Rep: eko widiyatno/ Red: Taufik Rachman
Universitas Muhammdiyah Purwokerto
Universitas Muhammdiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Meski baru berdiri tahun 2013 ini, fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto, sudah dibanjiri peminat.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMP, Sudiro, menyatakan hingga Kamis (13/6), jumlah calon mahasiswa yang mendaftar fakultas ini sudah lebih dari 300 orang. ''Padahal, untuk tahun pertama ini, kita hanya akan menerima 50 orang,'' jelasnya, Kamis (13/6).

Menurutnya, dalam proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 ini, seluruh program studi di UMP memberlakukan sistem penerimaan dalam tiga gelombang. Demikian juga untuk penerimaan mahasiswa fakultas kedokteran, juga dilakukan dalam tiga gelombang.

''Pada gelombang pertama, jumlah calon yang mendaftar FK UMP ini mencapai lebih dari 150 orang,'' jelasnya. Para calon mahasiswa yang mendaftar dalam gelombang pertama ini, saat ini sudah ada sebagian yang lolos tes ujian tertulis, ujian kesehatan dan psikotes.

''Mereka yang lolos tahap tersebut, sedang menunggu tahapan wawancara.'' katanya.Sedangkan untuk yang mengikuti tes gelombang II, saat ini masih dalam proses pendaftaran dan rencanakan akan diumumkan hasil ujiannya dalam waktu dekat.

Untuk tes akademik, kata Sudiro, seluruh calon mahasiswa UMP menggunakan sistem one day service. Dengan demikian, pada hari itu mendaftar maka pada hari itu juga sudah langsung bisa mengikuti tes.

Untuk fakultas selain fakultas kedokteran, bahkan hasil ujian tertulis bisa diketahui pada hari itu juga. ''Namun khusus peserta ujian di fakultas kedokteran, memang hasil ujiannya akan diumumkan serentak menjelang masa penutupan gelombang ujian,'' jelasnya.

Di UMP ada lima program studi yang menjadi favorit pendaftar. Selain Fakultas Kedokteran, program studi yang menjadi banyak diminati pendaftar adalah program studi farmasi, program studi pendidikan Matematika, program studi pendidikan Bahasa Inggris dan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sementara mengenai jumlah mahasiswa baru yang akan diterima UMP dalam tahun 2013, Sudiro menyebutkan ada sekitar 2.500 orang. Mereka akan diterima di 34 program studi S-1 dan D-3 yang dikelola UMP.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement