Senin 10 Jun 2013 16:12 WIB

Agar Dapur Terlihat Lebih Kinclong

Dapur bersih/ilustrasi
Foto: amin madani/republika
Dapur bersih/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cara mengubah wajah. Dan untuk mengubah wajah kusam dapur agar tampak lebih baru, tak selalu harus dengan menggantinya dengan perangkat yang juga baru. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah warna perabot atau menambahkan berbagai ornamen hiasan pada permukaan perangkat dapur. Mungkin hasilnya akan membuat dapur Anda terlihat lebih indah dari biasanya. 

Untuk memastikan bahwa penampilan dapur benar-benar ''berubah'', maka seluruh penampilan ruang dapur sebaiknya diubah warnanya. Soal pilihan warna bisa bebas. Hanya saja, sapuan warna yang sama juga harus digunakan untuk perabot dapur yang lainnya, sehingga nuansa warna dapur menjadi senada. Kecuali mengubah warna, ada tips lain yang bisa dicoba untuk membuat tampilan perabot dapur menjadi berbeda. Misalnya dengan menambahkan ornamen hiasan pada permukaan yang polos seperti tutup kitchen set atau rak-rak dapur. Caranya sederhana. 

Bahan yang perlu disiapkan: 

- Kertas karton (untuk pola) 

- Cat kayu (beberapa warna sesuai selera) 

- Kuas 

- Perekat kertas 

 

Cara kerja: 

1. Buatlah pola pada kertas karton, lalu lubangi mengikuti pola yang diinginkan. 

2. Warnai dulu bagian permukaan perabot yang akan dihiasi, misalnya, rak gantung. Untuk lebih memudahkan, bagian yang bisa dibuka, seperti pintu rak, sebaiknya dicopot pada saat akan dicat. Sapukan cat dengan merata (jangan terlalu tebal) di seluruh permukaan, sehingga hasilnya tampak sempurna, lalu keringkan. 

3. Tempatkan pola di atas bagian permukaan yang akan dihiasi. Lekatkan pola pada permukaan yang akan digambar, lalu tempat bagin tepi kertas pola dengan selotip kertas. Ini perlu agar pola tak bergeser pada saat pengecatan dilakukan. 

4. Sapukan cat di bagian pola, dengan komposisi warna sesuai pilihan. Diusahakan cat dibuat tak terlalu encer, sehingga tidak menyebar pada saat disapukan di atas permukaan pola. Biarkan beberapa saat, setelah separuh kering, kertas pola bisa dilepas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement