Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Walah, Puluhan Pejabat Arab Memohon Bertemu Petinggi Israel

Jumat 07 Jun 2013 08:46 WIB

Red: Endah Hapsari

Benjamin Netanyahu

Benjamin Netanyahu

Foto: Reuters/Sebastian Scheiner

REPUBLIKA.CO.ID, Majalah mingguan Al Manar, Palestina mengabarkan, petinggi negara-negara sekitar Teluk Persia menyampaikan permohonan tertulis untuk bertemu dengan pejabat Israel.

Seperti dikutip Fars News (6/6), Al Manar menulis, "Permohonan-permohonan puluhan petinggi sejumlah negara Teluk Persia untuk bertemu dengan pejabat Tel Aviv saat ini sedang dikaji oleh kantor Benyamin Netanyahu, PM Israel."

Berdasarkan laporan ini, Netanyahu sendiri yang langsung menangani permohonan-permohonan yang diterimanya melalui perantara badan-badan intelijen Israel yang dikepalai Mossad.

Di antara permohonan-permohonan yang mendapatkan jawaban positif Netanyahu adalah pertemuan Pangeran Salman bin Hamad Al Khalifa, Putra Mahkota Bahrain dengan petinggi Israel di Washington, Amerika Serikat di sela-sela lawatan pangeran ini ke Washington yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Ini bukan pertemuan pertama antara pejabat Bahrain dengan petinggi Tel Aviv, namun pertemuan ini menjadi penting mengingat kondisi sensitif Bahrain yang terus dilanda aksi demonstrasi rakyat dan tuduhan-tuduhan yang dilemparkannya kepada Iran soal keterlibatannya di balik aksi-aksi tersebut.

Ditambahkan, pertemuan ini digelar sebagai upaya negara-negara Teluk Persia di bidang keamanan dan politik untuk menekan Hizbullah, Lebanon. Termasuk upaya untuk memasukkan nama Hizbullah ke dalam daftar organisasi teroris.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA