Jumat 07 Jun 2013 08:57 WIB

Orang Tua Anda Menderita Kanker? Harap Waspada

Riset kanker di sebuah laboratorium (ilustrasi)
Foto: elearningmag.com
Riset kanker di sebuah laboratorium (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Bila orang tua Anda menderita kanker, Anda harus lebih waspada. Ini lantaran sel kanker juga dapat muncul dari keturunan. Seperti dilansir situs apakabardunia, gen dalam sel ada yang disebut gen kanker ( oncogen ), gen penekan tumor ( tumor suppressor gen ), dan gen yang bertugas memperbaiki gen yang rusak, yaitu repair gen. Bila salah satu dari gen tersebut mengalami kerusakan, maka bisa menjadi kanker.

Kerusakan pada materi gen atau biasa disebut sebagai mutasi gen dapat terjadi melalui beberapa cara, baik internal maupun eksternal. Terjadi kesalahan replikasi pada saat sel-sel yang mati diganti oleh sel yang baru. Ini merupakan kesalahan genetika yang diturunkan dari orang tua. Kesalahan ini biasanya mengakibatkan kanker pada usia dini.

Bila seorang ibu mengidap kanker payudara, tidak serta merta semua anak gadisnya akan mengalami hal yang sama, karena sel yang mengalami kesalahan genetik harus mengalami kerusakan lebih dulu sebelum berubah menjadi sel kanker. Hanya saja individu pembawa sel genetika yang salah, memang lebih berisiko terkena kanker daripada yang tidak memiliki mutasi gen yang salah.

Faktor mutasi gen secara internal, tidak dapat dicegah namun faktor eksternal dapat dicegah. Menurut WHO, 10-15 persen kanker, disebabkan oleh faktor internal dan 85 persen disebabkan oleh faktor eksternal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement