Rabu 05 Jun 2013 13:14 WIB

Karier Anda Mentok? Coba Tes Ini Dulu

Wanita Karier (ilustrasi)
Wanita Karier (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengetahui apa minat kita sesungguhnya di tempat kerja. Situs quintcareers.com membantu mencari tahu bagaimana menemukan passion dalam karier. Coba jawab sejumlah pertanyaan berikut. Siapa tahu hasilnya bisa mengubah karier yang sebelumnya terasa berjalan di tempat. Perlu diingat, semua orang berhak mengejar apa yang diminatinya dalam hidup. Tidak ada kata terlambat pula untuk mencari apa passion di dunia pekerjaan itu.

- Apa yang suka dilakukan di waktu senggang?

Ini tentang aktivitas favorit. Coba pikirkan lima sampai delapan aktivitas. Identifikasi aktivitas yang memang benar-benar dinikmati.

 

- Apa saja keahlian yang dimiliki tanpa harus bersusah payah mengerjakannya?

Pertanyaan ini untuk mengetahui keahlian yang kita miliki secara alami. Keahlian bisa di bidang matematika atau bahasa. Cari tiga sampai lima keahlian yang memang terasa seperti bakat alami.

 

- Kalau bisa memilih pekerjaan, pekerjaan apa yang akan jadi pilihan?

Ini soal pekerjaan dan karier impian. Coba untuk memahami halangan mencapai pekerjaan itu. Contohnya, mau jadi pilot, tapi terhalang karena berkacamata. Tulis saja lima pekerjaan yang dianggap akan sangat dinikmati, meski ada halangannya.

 

- Kenapa hal-hal itu bisa memberi luapan semangat?

Demi mencari hal-hal yang menimbulkan semangat, pikirkan orang lain, tempat, dan kegiatan yang memicu semangat kerja. Coba kembangkan hingga mendapat tiga sampai lima contoh.

 

- Apa saja hal besar yang diinginkan bisa tercapai dalam hidup?

Agar yakin dengan target yang ingin dicapai, pikirkan tentang apa yang mau dilakukan. Jadi kaya? Bisa menyelamatkan nyawa orang? Atau punya usaha sendiri yang sukses? Coba pikir apa jenis pekerjaan yang bisa membantu mencapai target itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement