Senin 03 Jun 2013 08:10 WIB
Joko Widodo

Jokowi Grogi Melantukan Lagu 'Nonton Bioskop'

 Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (tengah) memegang kamera usai memotret Pewarta Foto Antara ketika menghadiri peluncuran Buku Kilas Balik 2012 karya Pewarta Foto Antara di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Kamis (29/3) malam.
Foto: Antara Foto
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (tengah) memegang kamera usai memotret Pewarta Foto Antara ketika menghadiri peluncuran Buku Kilas Balik 2012 karya Pewarta Foto Antara di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Kamis (29/3) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak mengenal sosok Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pria yang kerap disapa Jokowi ini memiliki kegemaran berbeda dengan pejabat pemerintahan lainnya di negeri ini. Pria kelahiran Surakarta tersebut sangat menggemari musik berirama keras. Beberapa band luar negeri, seperti Judas Priest, Metallica, Guns N Roses, dan Arkarna, masuk ke dalam daftar musik yang dia gemari.

Band asal Inggris, Arkarna, yang dikabarkan akan menghentak Jakarta sontak membuat pria kelahiran 21 Juni 1961 tersebut bersemangat untuk bisa hadir guna menyaksikan langsung pertunjukan salah satu band kegemarannya ini.

Jokowi mengatakan kepada rekan wartawan Republika yang tengah bertugas di Balai Kota akan menghadiri pertunjukan band Arkarna yang dihelat di Tenis Indor Senayan Jakarta Pusat.

Pertunjukan yang sejatinya dijanjikan promotor dimulai Jumat (31/5) malam pukul 19.00 WIB ternyata mengalami kemunduran. Beberapa pemburu berita tampak resah menunggu kedatangan orang nomor satu di DKI Jakarta ini. Tepat pukul 19.50 WIB, kegelisahan reporter pun terjawab. Jokowi memenuhi janjinya untuk menyaksikan pertunjukan Arkarna pada Jumat (31/5).

Jokowi hadir di Tenis Indor Senayan dengan beberapa pengawalnya yang berbadan besar. Sempat beberapa kali pengawal Jokowi melarang awak media untuk mendekat guna mewawancarai. Dengan tersenyum, Jokowi tetap melayani ramah rekan media yang tengah siap dengan peralatan tempur untuk mendapatkan informasi dari gubernur DKI Jakarta ini. “Sudah gak apa-apa. Ayo mau tanya apa?” gumamnya tersenyum.

Dari kerumunan antara Jokowi dan rekan media, ada terdengar suara keras yang memanggil-manggil Jokowi. Jokowi terlihat mencari sumber suara. Suara tersebut ternyata berasal dari salah seorang pria. Pria tersebut terlihat menghampiri mantan wali kota Surakarta itu dan menghadiahkan kaus putih bertuliskan “Arkarna” kepada Jokowi.

Dengan ramah, Jokowi mengucapkan terima kasih atas pemberian pemuda tersebut. “Terima kasih, ya,” ujar Jokowi. Pria tersebut berpesan kepada Jokowi. “Jangan dibuang ya, Pak,” pinta pria itu. “Iya, nggak mungkin. Saya koleksi kok. Hehehe...” ujar Jokowi sembari tersenyum.

Saat memasuki gedung konser, beberapa penonton bersorak kegirangan melihat kedatangan Jokowi. Sontak saja, penonton yang berada di depan panggung berteriak-teriak memanggil nama Jokowi. Gubernur DKI Jakarta rupanya menerima ajakan vokalis Arkarna Ollie Jacobs untuk duet.

Sebelum bernyanyi bersama, pria uang gemar blusukan ini memaparkan sangat ingin melihat Arkarna membawakan salah satu lagu tradisional Betawi.“Empat hari yang lalu, Ollie mendatangi kantor saya. Lalu, saya menantang dia untuk membawakan lagu Nonton Bioskop Bang Benyamin Sueb. Dia menyetujuinya asalkan saya mau ikut bernyanyi bersama,” cerita Jokowi.

Dia menegaskan, hampir dua hari merasakan kegugupan untuk bernyanyi bersama dengan Ollie. “Aku sempat dua hari semedi untuk persiapan malam ini,” gumamnya bercanda. Jokowi pun naik ke panggung setelah lagu “Stoned” rampung dinyanyikan. “Your very own and loved, Bapak Jokowi,” kata Ollie Jacobs mempersilakan Jokowi naik ke panggung.

Sesuai dengan rencana sebelumnya, mereka membawakan “Nonton Bioskop” karya mendiang Benyamin Sueb. Ollie pun berdalih membutuhkan bantuan seseorang untuk menyanyikan lagu ini. Alhasil, Jacobs sang vokalis pun menyerahkan mikrofon pada Bondan Prakoso, basis Bondan & Fade 2 Black.

Tak kalah menghibur, Jokowi pun bersenda gurau sambil sesekali berkata, “Mohon maaf suara saya sedang tidak bagus.” Terlihat Jokowi sangat grogi pada malam duet tersebut. Jokowi tetap mengeluarkan suara terbaiknya di hadapan penonton. Penonton pun bersorak menyambut aksi panggung orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut.

Selain Bondan, di atas panggung, penyanyi Dheandra Adelina yang baru berusia 14 tahun tampak asyik menyanyikan lagu “Nonton Bioskop”. Di tengah-tengah penampilan, penonton diperlihatkan video sang gitaris, Matt Hart, yang mencoba menyapa penonton. Matt memang tak bisa datang ke Indonesia karena cedera yang dialaminya. “Saya harap kalian bisa menikmati pertunjukan. Maaf tak bisa di antara kalian,” tutur Matt dalam video tersebut.

Jokowi lebih memilih tiket festival dalam pagelaran konser semalam. Dia tampak berdiri bersama penonton menikmati alunan lagu band Arkarna. Dia berdalih lebih memilih tiket festival dibandingkan VIP. Penonton pun sempat mengajak Jokowi berjoget ala moshing. Dengan bercanda, dia mengatakan, “Jangan deh, yang muda aja yang moshing,” katanya tertawa. n c10 ed: rahmad budi harto

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement