Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Klub Motor Diimbau Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Ahad 02 Jun 2013 10:00 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani

Wakil Kepala Polri Komjen Polisi Nanan Sukarna.

Wakil Kepala Polri Komjen Polisi Nanan Sukarna.

Foto: Republika/ M Syakir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maraknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi membuat pihak kepolisian lalu lintas dituntut untuk bekerja lebih ekstra. Data dari Kepolisian Lalu Lintas menyebutkan, dalam setahun setidaknya tercatat 30 ribu kasus kecelakaan yang berujung maut.

Dari 30 ribu tersebut, 70 persennya di antaranya adalah kecelakaan motor. Data tersebut jauh lebih tinggi dari angka terorisme atau korban aksi kekerasan yang terjadi. Karena itu, Wakapolri, Nanan Sukarna, mengatakan dengan maraknya kecelakaan lalu lintas maka pengendara sepeda motor dan pengemudi diimbau untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas.

"Semua yang hadir disini harus menjadi pelopor untuk keselamatan berlalu lintas," kata Nanan dalam sambutannya di acara HUT Bikers Brotherhood MC Indonesia yang ke-25 di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Ahad (1/6).

Tak hanya itu, Wakapolri yang juga sebagai pimpinan klub motor Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) juga menuntun para hadirin melafazkan yel-yel pelopor keselamatan lalu lintas. "Siapakah anda?" tanya Nanan. "Saya pelopor keselamatan berlalu lintas," jawab para hadirin serempak.

Masih dalam rangkaian acara, seluruh perwakilan dari klub motor tersebut menyatakan surat pernyataan bersama klub-klub motor di Indonesia yang di pimpin Vice Presiden Bikers Brotherhood MC Indonesia. Dalam surat pernyataan tersebut klub-klub motor berjanji akan menciptakan suasana lalu lintas yang kondusif, aman, dan nyaman.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA