Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Kerusuhan Buat Muslim Swedia Was-Was

Rabu 29 May 2013 18:04 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Fernan Rahadi

Muslim Swedia

Muslim Swedia

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Kerusuhan yang melibatkan Muslim Swedia beberapa hari lalu memicu kekhawatiran umat Islam. Pasalnya, kelompok sayap kanan sangat mungkin memanfaatkan momentum ini.

"Sangat tragis. Ini tidak baik bagi kita sebagai imigran. Akan menjadi sulit bagi kita untuk tinggal di sini," komentar Rahimzadagan Abdolsaheb, 49, sopir taksi kelahiran Iran, Rabu (29/5). Rahimzadagan menilai akan lebih banyak serangan diskriminasi terhadap Muslim. "Saya kira demikian," tambahnya.

Beberapa hari lalu, Stockholm diguncang kerusuhan ketika polisi menewaskan pria berusia 69 tahun. Kerusuhan ini melibatkan ratusan orang dengan korban cedera tujuh polisi dan sejumlah mobil terbakar.

Pada saat bersamaan, sentimen anti-Islam tengah meninggi. Ini yang menjadi kekhawatiran besar Muslim terkait kondisi ini. Analis memperkirakan momentum ini akan dimanfaatkan dengan baik Partai Demokrat  Swedia.

"Ini akan mengangkat kembali masalah integrasi di Swedia," ungkap Andreas Johansson Heino, ilmuwan politik. Analis lain percaya kebijakan suaka Swedia terus berjalan. Memang, selama itu akan ada tekanan terhadap kebijakan itu. "Sangat jelas, akan ada pengaruh terhadap imigrasi Swedia. Mereka telah memenuhi janjinya," katanya.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA