Selasa 21 May 2013 15:19 WIB

Tampil Cantik di Usia Matang

Tetap cantik di usia matang/ilustrasi
Foto: jamestoldme.com
Tetap cantik di usia matang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Meski usia sudah memasuki kepala empat, Anda pun masih bisa tampil cantik. Salah satu rahasianya ada pada tata rias yang Anda kenakan. Tata rias untuk remaja perempuan dengan ibu-ibu muda tentu tidak dapat disamakan. Pakar tata rias Andiyanto memberikan sedikit contekan tata rias khusus untuk ibu-ibu yang telah berusia 40 tahun ke atas.

- Bentuklah alis sesuai dengan bentuk wajah. Pastikan keduanya terlihat seimbang. Hindari tata rias yang memanjang.

- Siasati penurunan kelopak mata dengan permainan riasan eye shadow dan eye liner. Bubuhkan eye shadow dengan gradasi warna terang dan gelap di sekitar mata. Pastikan gradasinya tampak lembut. Sebagai dasar, gunakan warna merah muda yang sangat lembut. Lanjutkan dengan memberi highlight warna gading. Aneka warna cokelat bisa menjadi alternatif. 

- Koreksi bentuk tulang pipi yang terlalu kuat dengan taburan foundation yang warnanya setingkat lebih gelap dari warna foundation seharusnya untuk kulit wajah. Untuk pipi yang terlalu cekung, bubuhkan foundation yang sedikit lebih terang.

 

Di usia 40-an, kulit perempuan cenderung kering, keriput, kendur, berflek, dan mengalami dehidrasi. Untuk perawatan, lakukan tips berikut:

- Bersihkan dua kali sehari dengan pembersih untuk kulit kering dan menua. Setelah itu cucilah dengan facial wash alias sabun muka. Lanjutkan dengan pemberian penyegar non alkohol.

- Untuk menjaga kadar air di wajah, gunakan moisturising gel di siang hari. Oleskan sunblock cream yang mengandung SPF 20 agar tidak terjadi flek. Biasanya di usia 40-an, kulit menjadi cenderung tipis sehingga mudah terjadi flek begitu terkena hamparan sinar mentari. - Gunakan krim antiwrinkle di sekitar mata, sebelum tidur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement