Senin 20 May 2013 10:30 WIB

Jika Si Kecil Harus Pakai Kacamata

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Si kecil pakai kacamata
Foto: sheknows.com
Si kecil pakai kacamata

REPUBLIKA.CO.ID, Memakai kacamata bukan lagi sekadar urusan upaya mengoreksi daya penglihatan. Ada faktor penampilan juga yang mesti diperhatikan. Tak terkecuali ketika pemakainya ialah upik dan buyung yang masih duduk di bangku prasekolah ataupun sekolah dasar. Mengenakan kacamata, apalagi yang supertebal kerap menjadi beban tersendiri bagi anak. Belum lagi jika bingkai kacamatanya tak cocok dengan wajah mungilnya. Kesan kuper atau kutu buku dengan mudah melekat pada mereka.

Padahal, penggunaan kacamata semestinya bisa meningkatkan kepercayaan diri anak. Seiring dengan terbantunya penglihatannya, anak akan semakin percaya diri. “Bahkan, ada juga yang jadi merasa mirip idolanya, Harry Potter, misalnya,” komentar Ine Indriani MPsi, psikolog dari Jakarta Eye Center (JEC) @ Kedoya, Jakarta Barat.

Nah, jika buah hati Anda harus memakai kacamata, berikut tips yang dikembangkan dari laman allaboutvision. com. 

* Dapatkan saran yang detail dari dokter mengenai koreksi visual yang anak butuhkan. Rekomendasi dokter menentukan seorang anak harus memakai kacamata sepanjang mereka terjaga ataukah melepasnya saat membaca. Lensa yang anak kenakan mesti berasal dari resep dokter mata. 

* Pilihlah bingkai kacamata yang membuat penampilan anak tetap keren. Bingkai plastik dulu lebih disukai lantaran tak mudah bengkok, lebih ringan, dan lebih murah. Sekarang, bingkai dari metal juga banyak yang memiliki keunggulan serupa. Terlepas dari pilihan bahannya, pastikan bingkai kacamatanya hipoalergenik alias tidak menimbulkan reaksi alergi pada anak. 

* Beri perhatian pada area pangkal hidung. Mengingat hidung anak belum tumbuh sempurna, bingkai dari plastik kerap sulit bertahan pada posisi yang semestinya, merosot dari pangkal hidung. Sedangkan, bingkai dari metal umumnya memiliki bantalan hidung ( nose pad) yang bisa disesuaikan. 

* Tak semua kacamata aman untuk dikenakan saat ber olahraga. Benturan dari bola atau sikut kawan bisa mence derai mata anak. Konsultasikan ke dokter mata anak untuk mendapatkan spesifikasi sports googleyang tepat. 

* Ajari anak untuk membersihkan kacamata dengan sabun cuci tangan dan keringkan dengan tisu. Kacamata harus dilepaskan dengan kedua tangan agar gagangnya tak mudah renggang. Simpan kacamata di dalam kotaknya ketika tidak dikenakan. Sebaiknya, orang tua juga menyediakan kacamata cadangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement