Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Liga Inggris

Frank Lampard Resmi Legenda Chelsea

Senin 13 May 2013 01:09 WIB

Red: Zaky Al Hamzah

Frank Lampard

Frank Lampard

Foto: chelseafc.com

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM — Bukan kartu merah yang diterima kedua tim ataupun gol pembuka Christian Benteke yang menjadi bahan pembicaraan dari laga Chelsea kontra Aston Villa, Sabtu (11/5). Tapi, laga lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Villa Park yang berakhir dengan kemenangan Chelsea 2-1 itu akan dikenang sebagai penobatan Frank Lampard sebagai legenda baru the Blues.

Pemain yang akan berulang tahun ke-35 pada 20 Juni nanti resmi mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa. Lampard menorehkan 203 gol dalam 606 pertandingan. Dua gol yang ia lesakkan ke gawang Villa membuat Lampard melampaui torehan legenda Chelsea, Bobby Tambling.

Tambling mengemas 202 gol selama memperkuat the Blues dari 1959 hingga 1970. Butuh 33 tahun dan seorang gelandang bernama Frank James Lampard untuk mengalahkan rekor Tambling itu.

Lampard mencetak gol pertamanya ke gawang Villa pada menit ke-61 untuk menyamakan kedudukan. Sebelumnya, Benteke sudah merobek jala Chelsea pada menit ke-15. Lampard tak perlu menanti laga berikutnya untuk memecahkan rekor Tambling. Sebab, dua menit sebelum waktu normal berakhir, ia mencetak gol keduanya.

Selain mengukuhkan namanya sebagai legenda hidup Chelsea, gol Lampard mengantarkan Chelsea tampil di Liga Champions musim depan. Chelsea hanya tinggal memastikan apakah akan tampil lewat babak kualifikasi atau lolos langsung pada laga terakhir Liga Primer menghadapi Everton pada 19 Mei mendatang.

Lampard berterima kasih kepada rekan-rekan satu timnya serta fans Chelsea atas pencapaian ini. Menurut Lampard, dukungan merekalah yang membuatnya bisa menciptakan rekor tersebut. Lampard mempersembahkan pencapaian ini kepada ibunya, Pat Lampard, yang wafat karena radang paru-paru pada 24 April 2008. Mantan pemain West ham United ini mengatakan ibunya sangat mendukung kariernya. Sebelum wafat, Pat bahkan sempat berpesan agar Lampard terus membela Chelsea. “Jadi, rekor ini untuknya,” kata Lampard di laman resmi Chelsea.

Pelatih Chelsea Rafael Benitez mengapresiasi prestasi yang ditorehkan oleh Lampard bersama Chelsea. ''Pencapaian Lampard sungguh sangat fantastis, terutama bisa mencetak gol dalam jumlah yang sangat besar. Saya harap dia masih bisa mencetak gol dalam dua laga terakhir kami di musim ini,'' kata mantan pelatih Inter Milan itu.

Lampard dikabarkan akan hengkang ke salah satu klub Major League Soccer (MLS) pada akhir musim ini. Ia akan menyusul sejumlah eks bintang Liga Primer yang tampil di kompetisi sepak bola tertinggi di Amerika Serikat itu, di antaranya Thierry Henry, Robbie Keane, dan Tim Cahill.

Sejumlah media Inggris beberapa waktu lalu memberitakan Lampard akan berlabuh ke Los Angeles Galaxy. Galaxy ingin meneruskan tradisi menggunakan bintang asal Inggris setelah sebelumnya mengontrak David Beckham selama lima musim.

Rumor ini tampaknya akan mendekati kenyataan. Mantan pelatih Chelsea Gianluca Vialli sebelumnya memberikan isyarat bahwa Lampard akan terbang ke AS. ''Menurut saya, Lampard lebih baik meninggalkan Chelsea. Lampard memiliki kesempatan emas untuk mencoba hal yang baru dan mendapatkan banyak uang. Mungkin bermain di Los Angeles (Galaxy) atau di klub Amerika lainnya,'' kata Vialli kepada //Sky Sports//, Sabtu (11/5).

Pamor MLS yang semakin menanjak tak hanya menggiurkan bagi para pemain veteran seperti Lampard. Para pengusaha kaya belakangan mulai melirik MLS. Terbaru, pemilik klub Manchester City, Sheikh Mansour, dikabarkan akan berinvestasi di MLS. Pengusaha asal Uni Emirat Arab itu berencana membangun sebuah klub sepak bola beserta stadionnya di New York. Rencananya, klub itu akan diberi nama New York City FC dengan stadion megah di daerah Queens, New York. n c90 ed: israr itah

Catatan 203 Gol Lampard di Chelsea

-    Gol pertama, 20 September 2001, versus Levski Sofia (Piala UEFA)
-    Gol terbanyak ke gawang Aston Villa (14)
-    Gol di kandang 116
-    Gol tandang 81
-    Gol di tempat netral 6
-    Gol penalti 48
-    Gol di Liga 14
-    Gol di Piala FA 26
-    Gol di Piala Liga 11
-    Gol di pentas Eropa 24

Daftar Pencetak Gol Sepanjang Masa Chelsea

Nama                     Gol
Frank Lampard     203
Bobby Tambling     202
Kerry Dixon         193
Didier Drogba         157
Roy Bentley         150
Peter Osgood         150
Jimmy Greaves     132
George Mills         125
George Hilsdon     108
Sumber: chelseafc.com

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA