Jumat 03 May 2013 07:37 WIB

Universitas Negeri Yogyakarta Juara World Costume Festival

Rep: Yulianingaih/ Red: Heri Ruslan
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Tim Mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menjuarai ajang World Costume Festival(WCF) di Vigan City, Ilocos Sur, Filipina, akhir April lalu.

Tim karnaval UNY ini menyisihkan 30 negara peserta seperti Brasil, Italia, Jepang, Banglades, Georgia, Amerika, Italia, Venezuela, Spanyol, dan tuan rumah Philiphina.

 

Tim UNY ini merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia. UNY berhasil membawa trofi tertinggi The Golden Kneeling Carabao Trophy dan uang tunai 50 ribu peso.

"Ini membuktikan, tim kami merupakan tim kelas dunia, " ujar Afif Ghurub Bestari, Dosen Pendidikan Teknik Busana FT UNY yang juga konseptor sertai desainer kostum untuk kejuaraan internasional tersebut, Jumat (3/5).

 

Menurutnya, tim UNY diikuti 21 mahasiswa. Dalam ajang WCF ini, UNY menganggat tema colourfull Indonesia. Melalui tema tersebut pihaknya kata Afif, mengangkat beragam busana dan budaya etnis Indonesia mulai batak, dayak, jawa, bali, hingga papua.

 

"Kostum yang kami buat tidak hanya sekedar indah dan atraktif untuk sebuah acara karnaval, namun tujuan utama kami adalah untuk mengangkat dan memperkenalkan kepada dunia tentang ciri khas dan potensi luar biasa yang dimiliki Indonesia”, katanya.

 

WCF merupakan ajang festival busana dunia dimana konsep penilaiannya menggabungkan antara eksibisi atau pameran kostum. Kegiatan ini kata dia berlangsung selama 3 hari dan dilanjutkan dengan street dance presentation di seputaran jalan Vigan City, kota cagar budaya yang dilindungi UNESCO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement