Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Gunung Fuji Jepang Akan Masuk Situs Warisan Dunia Unesco

Kamis 02 May 2013 20:08 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah

Gunung Fuji

Gunung Fuji

Foto: Republika/Daniel Wewengkang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Gunung Fuji di Jepang akan masuk dalam daftar situs warisan dunia Unesco.

Dilaporkan BBC, Kamis (2/5), lembaga budaya Jepang mengatakan dewan penasehat PBB telah merekomendasikan pendaftaran Gunung api tersebut. Keputusan resmi diharapkan keluar saat Komite Warisan Dunia Unesco bertemu di Kamboja Juni mendatang.

Gunung Fuji yang berketinggian 3.776 meter adalah gunung tertinggi di Jepang. Gunung berapi yang terakhir meletus lebih dari 300 tahun lalu tersebut, terletak di selatan-barat Tokyo dan bisa dilihat dengan mata telanjang dari ibukota Jepang saat hari cerah.

Lembaga budaya Jepang mengatakan dewan internasional untuk monumen dan situs (ICOMOS) menyetujui Gunung Fuji dalam pendaftaran warisan dunia. ICOMOS bertanggung jawab mengevaluasi sifat budaya yang dinominasikan dalam daftar warisan dunia. Mereka akan mengirimkan rekomendasi pada pertemuan tahunan Unesco.

Jepang juga mendaftarkan kuil Kamakura di selatan Tokyo. Namun, kuil itu tidak mendapatkan persetujuan.

Saat ini, Jepang memiliki 16 situs warisan dunia, dimana 12 merupakan warisan budaya dan empat warisan alam. Warisan dunia di Jepang yang terbaru ditambahkan pada 2011 adalah taman budha dan kuil Hiraizumi.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA