Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Mario Goetze

Goetze Tolak Tawaran Gaji Rp 5 Miliar per Pekan

Kamis 02 May 2013 08:12 WIB

Red: Zaky Al Hamzah

Mario Goetze

Mario Goetze

Foto: malecelebbio.com

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Menyusul laporan Bild pada pekan lalu yang mengonfirmasi kepindahan Mario Goetze dari Borussia Dortmund ke Bayern Muenchen akhir musim ini, giliran media Inggris, Metro, yang memiliki laporan eksklusif soal Manchester City yang sempat berupaya membajak Goetze ke Etihad. Metro, pada Selasa (30/4), melaporkan, City bahkan menawarkan gaji sangat tinggi mencapai 330 ribu poundsterling (sekitar Rp 5 miliar) per pekan untuk Goetze.

Angka itu bisa menjadi pemecah rekor pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia. Rekor gaji tertinggi saat ini masih dipegang Samuel Eto'o yang menerima 325 ribu pound per pekan dari Anzhi Makachkhala.

Dilaporkan bahwa City sempat mengajukan proposal kepada Goetze dengan nilai total 17 juta pound per musim. Harian Bild menyebutkan, pada akhirnya Goetze menolak tawaran City lantaran lebih memilih berlabuh ke Muenchen.

Direktur Olahraga Bayern Muenchen Matthias Sammer kepada Sky Deutchland, tengah pekan lalu, mengakui adanya tawaran 'gila' dari klub besar kepada Goetze. Tawaran itu, kata Sammer, ditolak oleh Goetze sebelum gelandang berusia 20 tahun itu memilih Muenchen. “Goetze menerima tawaran dari beberapa klub lain. Tawaran itu benar-benar gila,” kata Sammer.

Dalam kontraknya bersama Dortmund, Goetze memang memiliki klausul buyout (pelepasan) pada akhir musim ini. Klausul buyout itu diambil Goetze dengan menerima kesepakatan 37 juta euro dari rival Dortmund, Bayern Muenchen. Penjualan ini telah dikonfirmasi manajemen klub melalui laman Facebook klub, pekan lalu.

Di klub yang nantinya akan dilatih Pep Guardiola, Goetze akan digaji tujuh juta euro per musim. Gaji yang diterima Goetze di Muenchen lebih besar dua juta euro ketimbang jumlah gajinya saat ini di Dortmund. CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke lewat laman Facebook klub menyatakan, “Kami jelas kecewa, tetapi menghormati keputusan Mario dan penasihatnya merujuk pada kontrak,” katanya, dilansir Daily Mail, Selasa (23/4). n andri saubani

Fakta Mario Goetze

1992 - Lahir pada 3 Juni di Memingen, Jerman.
2001 - Bergabung dengan akademi sepak bola Dortmund saat berusia delapan tahun.
2009 - 18 Mei : Meraih gelar Eropa U-17 bersama tim nasional Jerman.
  21 November: Debut di Bundesliga bersama Dortmund.

2010 - 17 November : Debut bersama tim nasional senior Jerman dalam laga persahabatan melawan Swedia.

2011 - 30 April: Bermain bersama Dortmund mengalahkan Nuernberg dan meraih gelar Bundesliga.
    10 Agustus: Mencetak gol debut untuk tim nasional Jerman dalam laga persahabatan melawan Brasil.

2012 - 27 Maret: Menandatangani perpanjangan kontrak di Dortmund sampai 2016.
22 Juni: Menjadi bagian dari skuat timnas Jerman di Piala Eropa 2012, tapi hanya bermain sekali menjadi pengganti dalam laga perempat final melawan Yunani.

21 November: Mencetak gol ke gawang Ajax dalam laga penyisihan grup

Liga Champions.

2013 - 23 April: Bayern Muenchen mengumumkan Goetze akan bergabung pada 1 Juli 2013.

Sumber: Daily Mirror

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA