Sabtu 20 Apr 2013 06:58 WIB

Ogah Tidur Ngorok? Ini Jurusnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endah Hapsari
Tidur sambil ngorok atawa mendengkur (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Tidur sambil ngorok atawa mendengkur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendengkur keras bisa menjadi masalah serius bagi semua orang. Itu bisa membuat anda menganggu nyenyaknya tidur orang di sekitar anda, terutama ketika anda berbagi kamar dengan orang lain. Jika mendengkur mempengaruhi anda, ada lima trik yang bisa anda lakukan di rumah, dikutip dari Symptomfind, Sabtu (20/4).

1. Teknik bola tenis

Posisi tidur yang tidak benar menyebabkan anda mendengkur. Bunyi dengkuran biasanya keluar ketika anda dalam posisi tidur telentang. Sebab, lidah anda tertarik ek belakang dan aliran udara akhirnya mempersempit pernapasan anda.

Dengkuran menimbulkan suara getaran sepanjang tidur. Anda bisa mengubah posisi tidur anda supaya tidak telentang, yaitu tidur menyamping. Bila perlu, anda bisa menggunakan bantuan bola tenis yang anda lakukan di belakang tubuh anda ketika anda tidur. Jadi, jika anda tanpa sadar ingin tidur telentang, bola tenis di punggung anda akan menghalangi sehingga dengan otomatis anda akan tidur menyamping kembali.

2. Gunakan nasal strip atau dekongestan

Mendengkur bisa juga disebabkan sinus alias masalah pada hidung anda. Menggunakan nasal strip mungkin bisa menjadi salah satu alternatif anda untuk mengurangi dengkuran. Nasal strip membantu menarik hidung anda tetap terbuka sehingga anda pun bisa bernapas dengan mudah sehingga tidak mendengkur.

3. Tambah bantal kepala

Posisi kepala anda ketika tidur ikut mempengaruhi dengkuran. Sebaiknya anda menambah bantal untuk menopang kepala anda. Usahakan posisi kepala anda empat inchi lebih tinggi dari posisi bantal normal Ini akan membantu memuluskan aliran udara di bagian tenggorokan anda dan pernapasan anda menjadi lapang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement