Jumat 19 Apr 2013 18:24 WIB

Naskah UN SMP Jabar di Distribusikan Besok

Rep: Lingga Permesti/ Red: Djibril Muhammad
Para siswa mengikuti pelaksanaan ujian nasional (UN) di Jakarta, Kamis (18/4).
Foto: Republika/Prayogi
Para siswa mengikuti pelaksanaan ujian nasional (UN) di Jakarta, Kamis (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Naskah Ujian Nasional Tingkat SMP/ MTS/ Terbuka akan didistribusikan esok Sabtu (20/4). Hal ini dikatakan Ketua Penyelenggara dan Pengawas Ujian Nasional Rayon Jawa Barat Tahun 2013, Uyu Wahyudin.

"Proses pendistribusian soal UN SMP/ MTS/ Terbuka baru akan didistribusikan besok. Soal akan didistribusikan ke 26 kabupaten dan kota di Jawa Barat," katanya, Jumat (19/4).

UN SMP di Jabar diikuti sebanyak 664.536 siswa pada 22-25 April mendatang. Meski naskah UN baru didistribusikan esok, ia berharap UN SMP sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Kita tidak dapat mengubah sesuatu dengan cepat, karena semua butuh proses," katanya saat disinggung mengenai karut-marut UN tingkat SMA di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

Mengenai karut-marut UN yang terjadi di Jabar, seperti kertas Lembar Jawaban UN (LJUN) yang mudah rusak, ia menyerahkannya kepada yang berwenang. "Itu bukan wewenang kami. Kami hanya mengawasi," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan konsolidasi sebagai bentuk antisipasi kekacauan UN tingkat SMA. Menurutnya, baik dari pihak perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai pengawas, juga Polda Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat berperan aktif memperlancar jalannya UN.

"Kita berupaya proaktif supaya anak didik kita dapat melaksanakan UN tepat waktu," ujarnya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement