Jumat 19 Apr 2013 11:05 WIB

Berapakah Lingkar Pinggang Anda? Cek Dulu Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Ukur lingkar pinggang
Foto: shutterstock.com
Ukur lingkar pinggang

REPUBLIKA.CO.ID, Anda tahu berapa ukuran lingkar pinggang Anda saat ini? Jika belum, ambillah meteran dan ukur rasio pinggang dan pinggul. Ukur pada bagian paling tersempit dari pinggang dengan bagian pinggul yang terlebar. Andaikan rasionya lebih dari 0,8, itu lampu kuning buat Anda. Sama halnya jika timbunan lemak di sekitar pinggang membuat angka di meteran melebihi 80 cm. Sebab, batas normal sudah terlampaui. 

Ada risiko penyakit sindrom metabolis yang menguntit Anda yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm. Sebut saja hipertensi, kolesterol, dan diabetes yang meningkat pada wanita dengan lingkar pinggang di atas 80 cm. “Selain membahayakan kesehatan, juga mengurangi kebugaran, kegesitan, dan dalam jangka panjang dapat memicu stres yang bisa memengaruhi kesehatan secara umum,” kata trainer hidup sehat, dr Phaidon L Toruan. 

Bila ingin mencapai kondisi ideal, lakukan aktivitas fisik empat kali seminggu. Gerakkan tubuh secara teratur dan terarah. Kata kuncinya, main. Gunakan kreativitas Anda dalam melakukan aktivitas aerobik, seperti berjalan, jogging, joget, bersepeda, main basket, atau futsal. “Misalnya, ketika jalan di mal saat jam makan siang, minum teh hijau sebelumnya lalu jalan cepat selama 15 menit,” kata Phaidon memandu.

Contoh lain, ajaklah si kecil ber main basket ketika berkunjung ke taman bermain yang ada di mal. An da tak akan terbebani ketika me lakukannya. Kalau tak suka, coba saja hula hoop. 

Anda juga dapat melakukan pe regangan dan latihan beban. Sete lah usia 30, semua orang meng alami penurunan hormon pertumbuhan yang menyebabkan penu run an massa otot. Ketika massa otot turun, tiga fungsi otot berkurang, yakni bentuk, gerak, dan pembakaran kalori. “Kalau tidak ada tindakan sadar untuk memelihara massa otot, tubuh akan semakin gemuk,” papar Phaidon. 

Bagi Anda yang malas ke gym, silakan berlatih dengan menggunakan beban tubuh sendiri. Caranya sederhana. “ Push up saja, gunakan lutut untuk awalnya. Lalu, squatalias berdiri lalu jongkok.” 

 

Pola makan 

Diet dan olahraga adalah dua solusi tak terpisahkan untuk mengecilkan lingkar pinggang yang lebih dari 80 cm. Seperti apa cara praktisnya? Berikut ini tips dari dr Samuel Oetoro MS SpGK. 

* Kurangi porsi makan seperempat dari biasanya, pangkas sekitar 500 sampai 1.000 kalori dari kebiasaan harian Anda. 

* Pertahankan pola makan dengan gizi seimbang. Artinya, jumlah asupan makan sesuai dengan kebutuhan dan lengkap mengandung unsur protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, serat, serta air. 

* Pilihlah makanan yang mengeyangkan lebih lama. Apel, jeruk, pir, ikan, alpukat, kedelai, dan kacang rebus, contohnya. 

* Hindari makanan tinggi lemak dan banyak gula. Jangan terlalu sering mengonsumsi es krim, keju, gorengan, margarin, kuning telur, santan, cumi, udang, kepiting, jeroan, hati, usus, daging kambing, tepung, kue, mi, roti, dan pasta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement