Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Presiden Kenya Resmi Dilantik

Selasa 09 Apr 2013 18:33 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dewi Mardiani

Uhuru Kenyatta (mengangkat tangan)

Uhuru Kenyatta (mengangkat tangan)

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Puluhan ribu warga Kenya berkumpul di stadion Nairobi untuk menyaksikan Uhuru Kenyatta yang resmi dilantik sebagai presiden baru Kenya, Selasa (9/4).

Warga Kenya berbondong-bondong menuju stadion Nairobi, Kenya yang menjadi tempat pelantikan Kenyatta sejak pagi hari. Tidak hanya itu, mereka juga mengibarkan bendera saat pelantikan Kenyatta. Rakyat Kenya berharap dia dapat menjadi pemimpin untuk semua dan bukan hanya bekerja untuk kelompok etnisnya.

’’Ini adalah awal yang baru. Kami berharap banyak kepada mereka karena janji yang mereka buat dalam manifesto mereka’’ kata warga Kenya dan pendukung Kenyatta, Elija Toroitich (56 tahun) seperti dikutip dari Aljazirah, Selasa (9/4).

Toroitich dan warga Kenya lainnya menginginkan Kenyatta, yang notabene keluarganya, mengontrol kerajaan bisnis yang dapat memberikan pertumbuhan ekonomi lebih baik. Mereka juga berharap pria yang menjadi anak mantan presiden Kenya, Jomo Kenyatta itu, dapat membantu mengurangi penduduk miskin di Kenya, yaitu lebih dari 40 juta orang.

’’Dia dan ayahnya memiliki kavling tanah terbesar di Kenya,’’ kata analis politik Michael Amoah. Kenyatta menjadi presiden bersama dengan wakilnya, yaitu William Ruto. Mereka berdua memenangkan pemilu yang digelar pada Maret  2013. Namun, saat ini dia menjadi terdakwa di pengadilan kriminal internasional (ICC) di Den Haag, Belanda atas kasus kejahatan kemanusiaan dalam krisis setelah pemilihan umum Kenya pada tahun 2007.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA