Jumat 05 Apr 2013 19:58 WIB

Hati-hati Stres Akibat Macet Rusak Kesehatan Jiwa

Stress
Stress

REPUBLIKA.CO.ID, Jangan anggap sepela stres lantaran acap kali terjebak kemacetan. Stres yang dialami selama bertahun-tahun berpotensi menyebabkan masalah kejiwaan.

Menurut studi yang dipimpin oleh Profesor Psikologi dan Perilaku Sosial, Susan Charles, kekesalan yang dihadapi setiap hari akibat terjebak macet dapat menumpuk terus-menerus dan menyebabkan masalah kejiwaan di kemudian hari.

"Bagaimana kita mengatur emosi dalam menghadapi persoalan sehari-hari berpengaruh pada kesehatan jiwa kita. Kita sangat fokus pada tujuan jangka panjang sehingga melupakan pentingnya mengatur emosi kita," kata Charles seperti diterbitkan jurnal Psychological Science.

Data Midlife Development dan National Study of Daily Experiences di Amerika Serikat, yang melibatkan pria dan wanita usia 25-74, menunjukkan masalah kejiwaan ternyata tidak hanya disebabkan oleh masalah besar, tapi juga pengalaman emosional sehari-hari.

Untuk itu, Charles menyarankan belajar sabar dan mengelola stres yang terjadi sehar-hari sama pentingnya dengan diet sehat dan olahraga rutin. Ia juga mengimbau sebaiknya jangan membiarkan hal sepele merusak perasaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement