Senin 25 Mar 2013 17:17 WIB

Lemak Perut, Si Pembunuh Mematikan di Tubuh Anda

Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)
Foto: ROLLINGOUT
Perut buncit dengan lemak perut tebal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ingin tahu apa yang mencuri tingkat kesehatan anda dengan cepat? Ambil meteran, masuk kamar mandi dan ukur lingkar perut tanpa baju.

Yup kita saat ini membahas lemak perut yang juga dikenal sebagai abdominal fat. Bila lingkar perut anda wahai kaum wanita lebih dari 35 inchi atau 80 cm, dan lingkar perut anda para pria lebih dari 100 cm maka waspadalah.

Berupaya menutupi dengan busana longgar tak akan memberi bantuan konkret terhadap kesehatan anda. Lingkar perut harus diturunkan.

Mengapa? Inilah data dari Real Age yang wajib diketahui

1. Lemak perut bisa mematikan

'Ban serep' di lingkar perut bisa berakibat sama fatalnya dengan kebiasaan merokok atau tekanan darah tinggi. Lemak bagian ini menyumbang asam lemak dan zat kimia ke dalam aliran darah anda dan berpotensi meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh. Bila anda memiliki riwayat jantung, maka lemak perut bisa meningkatkan risiko kematian dua kali lipat.

2. Lemak perut menyusup ke liver dan mengganggu hati

Tirai lemak perut yang membentang dari perut Anda ke panggul seharusnya  berenda dan tipis. Anda tahu bagaimana hal jelek bisa terjadi? Lemak yang terakumulasi dalam Anda merembes keluar mengancam organ Anda.

Satu dari sembilan orang dewasa sekarang memiliki hati berlemak, yang merupakan undangan VVIP menuju  diabetes, penyakit jantung, dan masalah hati yang parah.

3. Lemak perut jelek untuk tulang, sendi, otak, payudara dan prostat

Efeknya sungguh buruk, bisa melemahkan tulang-tulang anda, meningkatkan risiko dan nyeri artritis. Tak cuma itu, lemak perut juga meningkatkan mengembangkan risiko demensia hingga 80%, kanker payudara dan kanker prostat. Oh tentu saja, ia meningkatkan migrain.

4. Lemak perut berbahaya meski keseluruhan tubuh langsing

Tahukah anda 45 persen wanita dan 60 persen pria yang cenderung kurus kadang juga memiliki lemak perut tebal.

Begitu anda menurunkan berat badan 3% hingga 5% bisa menyusutkan lemak perut hingga 20 persen dan lemak hati hingga 40 %.

Caranya? lakukan pola makan sehat. Coret makanan cepat saji dan makanan olahan yang banyak menggunakan lemak trans. Ayo ukur lingkar perut anda segera untuk mencari tahu apakah ada potensi pembunuh di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement