Sabtu 23 Mar 2013 21:01 WIB

Vettel Sabet Pole Position

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Mansyur Faqih
Sebastian Vettel
Foto: thesun.co.uk
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sebastian Vettel merebut start terdepan di GP Malaysia akhir pekan ini. Juara dunia tiga kali beruntun tersebut tampil sebagai yang tercepat di babak kualifikasi, Sabtu (23/3). Ini merupakan raihan pole position kedua Vettel di musim 2013. Sebelumnya, di seri pembuka GP Australia, Vettel juga terdepan di starting grid namun hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi ketiga. 

Kali ini, Vettel bertekad tak ingin menyiakan pole position untuk jadi yang pertama di akhir race. Kesuksesan Vettel kali ini tak lepas dari kemahirannya menguasai trek basah serta strategi penggunaan ban tim Red Bull. Hujan yang sempat mengguyur Sirkuit Sepang membuat konstelasi persaingan berubah di papan atas ketimbang beberapa sesi free practice sebelumnya. 

"Pada Q3, kondisi trek mulai kering dan kami memutuskan untuk mengganti ban. Rupanya strategi itu berhasil," ujar Vettel seperti dilansir laman the Guardian.

Felipe Massa kembali start lebih depan dibanding pembalap setimnya yang lebih difavoritkan di Ferrari, Fernando Alonso. Massa berhasil menempati posisi start kedua, atau satu strip lebih tinggi ketimbang Alonso di posisi ketiga. "Bisa menempati posisi dua dan tiga adalah hasil yang bagus buat kami. Karena, banyak mobil lain yang sangat cepat, seperti milik Kimi dan Webber," ungkap Massa.

Kimi Raikonnen yang berjaya pada GP Australia lalu, justru tampil di bawah performa di babak kualifikasi dengan hanya finish nomor tujuh. Padahal, juara dunia musim 2007 ini sempat dominan di babak latihan bebas. Meski begitu, ini juga bisa menjadi pertanda baik bagi kimi. Sebab, saat menang di Australia pekan lalu, Kimi juga start di posisi ketujuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement