Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Sogok Pejabat, Editor the Sun Dibawa ke Pengadilan

Kamis 21 Mar 2013 21:00 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih

Pengadilan

Pengadilan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- wakil Editor the Sun, Geoff Webster didakwa telah menyogok dua pejabat publik sebesar delapan ribu poundsterling. Dia diduga bersekongkol dalam penyalahgunaan jabatan publik selama 2010 dan 2011. Ada dua tuduhan yang dikenakan pada Webster.

"Pelanggaran pertama berkaitan dengan pembayaran 6.500 pounsterling untuk informasi yang diberikan pejabat publik ke wartawan antara Juli 2010 dan Agustus 2011," ujar Jaksa Penuntut dilansir the Guardian.

Tuntutan kedua berkaitan dengan dugaan pembayaran sebesar 1.500 poundsterling pada November 2010 untuk penyediaan informasi dari pejabat publik yang identitasnya belum diketahui. Penasehat hukum, Alison QC Levitt mengatakan tuduhan tersebut berkaitan dengan penyediaan informasi kepada wartawan dari pejabat publik. 

Mereka menyimpulkan wakil editor suratkabar the Sun dibebankan dua pelanggaran konspirasi melakukan pelanggaran di kantor publik. Webster ditangkap Februari tahun lalu bersama empat karyawan the Sun lainnya. Polisi metropolitan memperluas investigasi melampui dugaan suap yang dibayarkan kepada pejabat publik. Polisi menginvestigasi dugaan bocornya informasi rahasia ke wartawan tanpa pelibatan uang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA