Rabu 20 Mar 2013 19:34 WIB

Cegah Demam Berdarah, Ini Dia Caranya

Rep: Alicia Saqina/ Red: Dewi Mardiani
Nyamuk demam berdarah
Nyamuk demam berdarah

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), I Made Djaja mengatakan, saat musim pancaroba, tingkat kekebalan tubuh pun akan menurun. Untuk meningkatkan imunitas ini, masyarakat perlu melakukan beberapa langkah.

Langkah-langkah yang Made sarankan ialah makan makanan yang bergizi (disertai minum susu), olahraga yang teratur, konsumsi suplemen makanan bila perlu, dan hindari tempat-tempat yang berisiko terjadi penularan demam berdarah.

''Misalkan lingkungan endemisnya (demam berdarah, Red) Jakarta Timur. Maka untuk sementara jangan main-main dulu di wilayah itu,'' ungkapnya saat ditemui di kampusnya di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Dalam hal ini, masyarakat pun bisa untuk menyediakan obat penurun panas.

Terkait demam berdarah, Made mengatakan, masyarakat sangat perlu mewaspadai keberadaan jentik-jentik nyamuk. Ia mengimbau, agar secara teratur menaburkan bubuk larvasida di setiap ruang-ruang yang jelas terlihat keberadaan jentik nyamuk.

Tak hanya itu, gerakan 3M pun, sangat ampuh masyarakat lakukan untuk mencegah mewabahnya perkembangan nyamuk demam berdarah. Tetapi, menurut Made, langkah yang lebih baik dilakukan ialah gerakan 3 M Plus. ''Yaitu menutup, menguras, mengubur barang-barang bekas yang tidak terpakai. Satu lagi untuk para siswa, menggunakan repellent (obat nyamuk losion),'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement