Senin 18 Mar 2013 11:51 WIB

Anak Batuk Pilek, Bolehkah Minum Es?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Pilek - ilustrasi
Foto: ferriantoagastia.blogspot.com
Pilek - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang mengira anak yang sedang batuk-pilek tak boleh minum es. Bahkan, mereka menyangka eslah yang menyebabkan penyakit si kecil.

Permen dan gorengan juga disebut memiliki andil yang sama. Padahal, bukan itu pemicu pilek. “Penyebab batuk-pilek paling dominan adalah virus. Sebagian kecil saja yang merupakan infeksi bakteri,” jelas dr Lindana Sastra SpA.

 

Es berpotensi memperberat batuk-pilek yang diderita anak. Itu pun hanya terjadi pada anak yang memang memiliki alergi pada es maupun bahan lain yang terkandung di dalamnya. Ketika anak terpapar zat pemicu alergi, otomatis batuk-pileknya akan terangsang.

“Kalau anak tidak alergi terhadap minuman dingin, tak masalah jika ia minum es saat pilek,” ungkap dokter spesialis anak ini.

Pemikiran yang sama berlaku untuk permen dan gorengan yang sering kali dituding sebagai penyebab batuk-pilek. Untuk itu, orang tua harus mengetahui alergen yang mungkin mengganggu kesehatan buah hatinya.

Sebab, begitu terpapar alergen di saat batukpilek, bisa jadi kondisi anak akan makin merosot. Ketika anak terserang batuk-pilek, sebaiknya jaga daya tahan tubuhnya. Sebab, batuk-pilek tidak ada obatnya.

Tubuh mampu memerangi sendiri virus penyebab penyakit yang jamak berulang pada anak usia tiga sampai lima tahun ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement