Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

'Van Gaal Ibarat Ayah Tuhan'

Ahad 17 Mar 2013 01:00 WIB

Rep: Umi Lailatul/ Red: Fernan Rahadi

Louis van Gaal

Louis van Gaal

Foto: Reuters/Radu Sigheti

REPUBLIKA.CO.ID, MUNICH -- Presiden Bayern Munich Uli Hoeness memberikan sindiran keras dengan menyebut mantan juru taktiknya Louis van Gaal sebagai 'Ayah Tuhan'. Sindiran itu dilakukannya setelah Van Gaal mengaku bahwa dirinyalah yang berperan penting mendatangkan mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola ke Allianz Arena.

''Hanya Van Gaal yang dapat berkata seperti itu. Masalahnya, dia bukanlah Tuhan melainkan Ayah dari Tuhan,'' sindir Hoeness seperti dikutip De Telegraaf, Sabtu (16/3).

Pernyataan Van Gaal memang memicu kontroversi di kalangan The Bavarians. Pasalnya, pria berusia 61 tahun itu seperti meremehkan peran manajemen Munich serta Hoeness dalam proses perekrutan Pep Guardiola.

Tak pelak, Hoeness pun memberikan sindiran dan perang kata-kata kepada bekas anak buahnya itu. ''Van Gaal merupakan pelatih bagus dan dia memiliki kontribusi dalam perkembangan Bayern hingga kini. Namun, ia tidak ada kaitannya dengan proses perekrutan Guardiola,'' tegas Hoeness seperti dikutip Majalah Spanyol Sport, Sabtu (16/3).

Van Gaal merupakan mantan pelatih Bayern Munich selama periode 2009-2011. Pada akhir 2011, ia dipecat oleh manajemen klub dan Presiden klub berjuluk FC Hollywood itu. Aksi pemecatan itu sepertinya tidak bisa diterima Gaal hingga saat ini. Buktinya, ia terus melancarkan perang kata-kata terutama kepada mantan bosnya Hoeness. 

Karier Gaal bersama FC Hollywood memang terbilang singkat. Namun, hal tersebut tak menghalanginya untuk turut memberikan kontribusi prestasi bagi klub asal Kota Munich itu. Ia telah membantu mengantarkan Munich meraih gelar juara Bundesliga 2009/2010, juara DFB Pokal (2009/2010), dan juara DFB SuperCup 2010.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA