Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Pertemuan 7 Jenderal dengan SBY Juga Bahas Kandidat Capres

Jumat 15 Mar 2013 13:10 WIB

Rep: Ira Sasmita/ Red: Djibril Muhammad

Presiden SBY.

Presiden SBY.

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertemuan tujuh mantan jenderal dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Rabu ( 13/3) kemarin di Istana Negara ternyata tidak hanya membicarakan persoalan terkini di Indonesia.

Purnawirawan TNI itu juga membahas enam nama kandidat potensial calon presiden pada pemilu 2014. "Ada nama-nama yang kami sampaikan pada SBY berdasarkan polling yang berkembang. Ada enam nama, Jokowi, Prabowo Subianto, Megawati, Jusuf Kalla, Ical (Aburizal Bakrie), dan Pak Mahfud MD," kata Suadi Marasabessy, mantan Kepala Staf Umum TNI yang ikut hadir bertemu SBY saat dihubungi, Jumat (15/3).

Menurut Suaidi, nama-nama itu disampaikan bukan sebagai bentuk dukungan terhadap kandidat tersebut. Melainkan, hasil observasi atas beberapa jajak pendapat tentang kandidat capres 2014. 

"Kami cuma diskusikan saja, informasikan polling, tanpa dukung mendukung. Beliau (SBY) ternyata pasti juga punya pendapat sendiri," ungkapnya.

Suaidi yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu menekankan, pada pertemuan dengan SBY itu, mereka tidak membahas satu per satu nama-nama kandidat capres tersebut. Menurutnya, obrolan tentang nama-nama itu muncul di tengah pembicaraan seputar kondisi politik Indonesia saat ini.  

Memang, lanjut dia, para jendral membicarakan arah perkembangan politik menjelang pemilu 2014. Tetapi konteksnya lebih kepada aspek kestabilan dan keamanan bangsa. Bagaimana menciptakan situasi yang tetap kondusif meski menjelang pemilu 2014, goyangan politik terus terjadi.

Selain itu, mereka juga membahas tentang pencapaian SBY selama masa pemerintahannya dan bagaimana melanjutkan keberhasilan itu pada pemerintahan selanjutnya.

Tujuh purnawirawan jenderal TNI yang bertemu dengan presiden SBY adalah mantan wakil panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi, Jenderal (Purn) Luhut Pandjaitan, Subagyo HS, Agus Wijoyo, Johnny Josephus, Sumardi, dan Suaidi Marasabessy. Sehari sebelum bertemu tujuh jenderal itu, SBY juga menerima Prabowo Subianto di istana.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA