Jumat 15 Mar 2013 02:19 WIB

Ini Cara Penularan Penyakit Kusta

Bakteri lepra atau kusta (mycobacterium leprae)
Foto: musee-afrappier.qc.ca
Bakteri lepra atau kusta (mycobacterium leprae)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Penularan penyakit kusta tidak mudah. Menurut Direktur Rumah Sakit Sehat Terpadu Dompet Duafa, dr Yahmin Setiawan, kusta akan menular lewat interaksi aktif, misalnya anggota keluarga yang hidup bersama penderita kusta.

Penularan kusta akan terjadi bila, pihak keluarga tidak memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan.

"Ditambah lagi, bila daya tahan tubuh rendah maka virus akan masuk ke diri orang tersebut. Dan baru akan berkembang setelah sekian tahun," ujarnya, di Bogor, Kamis (14/3).

Yahmin menambahkan, perlu ada sosialisasi mengenai kusta di masyarakat hal ini untuk mencegah stigma yang berkembang mengenai penderita kusta.

Selain itu, sesuai dengan program Kementerian Kesehatan pada 2010 Indonesia eliminasi kusta. Sehingga pemberantasan dan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mikrobaterium lepra itu harus konsisten.

Kasus kusta di Kabupaten Bogor kembali mencuat setelah ditemukan satu kelaurga asal Kampung Salimun, Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parung Panjang menderita kusta. Mereka terdiri dari bapak dan dua anaknya.

Satu keluarga penderita kusta ini sempat menjalani perawatan di RS Sehat Terpadu Dompet Duafa. "Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor perlu melakukan sosialisasi menyeluruh terkait kusta ini, bagaimana penularanya dan penanganannya, selain untuk mencegah penyebaran juga menghindari stigma di masyarakar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement