Rabu 13 Mar 2013 08:44 WIB

10 Aktivitas yang Wajib Dihindari Wanita Hamil (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Roller coaster tertinggi di dunia
Foto: dailymail
Roller coaster tertinggi di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar wanita di dunia menjalani kehamilannya tanpa masalah sekalipun. Mereka tak terlalu khawatir dan tetap saja beraktivitas laiknya sebelum mereka hamil dalam kehidupan kesehariannya. Beberapa dari mereka bahkan tak membatasi pekerjaannya dan tetap saja melakukan aktivitas-aktivitas konyol yang berpotensi menganggu kehamilan mereka.

Aktif diwaktu hamil memang tak ada salahnya. Namun, setidaknya ada 10 aktivitas yang wajib dihindari oleh wanita hamil. Berikut pemaparannya, dikutip dari SymptomFind, Rabu (13/3).

1. Naik roller coaster

Wanita hamil masih diperkenankan bermain di wahana apapun di taman bermain. Namun, sebaiknya menghindari permainan naik roller coaster. Sentakan dan tarikan sewaktu mengendarai roller coaster bisa menyebabkan keguguran pada tiga bulan pertama kehamilan. Ini juga bisa menyebabkan bayi anda lahir prematur atau lahir mati.

Gerakan menyentak dapat menyebabkan plasenta anda terpisah sebagian atau seluruhnya dari dinding rahim. Setelah plasenta terpisah, maka bayi anda tak akan mampu bertahan hidup di dalam rahim anda.

2. Menunggang kuda

Bahaya menunggang kuda selama masa kehamilan berasal dari risiko jatuh, serta ditendang jika kuda itu ketakutan. Kedua hal ini dapat menyebabkan bayi keguguran, lahir mati, atau lahir prematur. Penunggang kuda wanita paling berpengalaman menjalankan risiko jatuh, karena pusat gravitasi bergeser sebagai akibat dari perut membesar. Wanita hamil sementara sebaiknya tidak menunggang kuda sampai bayinya lahir.

3. Olahraga fisik yang berat

Jelas, wanita hamil yang melakukan aktivitas olah raga berat sangat berisiko menganggu kehamilan. Dia bisa saja berisiko terjatuh dan menimpa perutnya, hancur, dan menyebabkan keguguran. Jadi, jika ada aktivitas olah raga berat, wanita hamil sebaiknya cukup berdiri di pinggir lapangan dan memberikan sorakan kepada rekan-rekan satu timnya dalam berolah raga. Karena pada dasarnya, wanita hamil bertanggung jawab untuk menjaga dirinya selama masa kehamilan.

4. Off road atau rock crawling

Banyak orang telah terluka parah atau tewas dalam roll-over kecelakaan saat berpartisipasi dalam kegiatan off road atau rock crawling. Jadi, wanita hamil sebaiknya menghindari aktivitas ini sampai bayinya lahir dengan sehat dan selamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement